Sosialisasi Penanggulangan Penyakit Menular Di Masyarakat

Kabar Desa

KUMBANG.DESA.ID – Bertempat di aula Kantor Desa Kumbang, digelar kegiatan sosialisasi tentang Penanggulangan Penyakit Menular Di Masyarakat, Kamis (5/4/2017). Sosialiasi tersebut digagas Puskesmas Lendang Nangka & Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur serta berbagai lintas sektoral Desa Kumbang.

Acara yang dimulai sejak pukul 10.00 Wita hingga 12.30 Wita tersebut, dihadiri perwakilan dari BPD, LKMD, Kader Posyandu dan PKK, Kepala Dusun, Perangkat Desa dan beberapa staf Puskesmas Lendang Nangka. Hadir pula sebagai narasumber Siti Sulatin S.KM Kepala Puskesmas Lendang Nangka dan Sinawan, M.Kes Kepala Seksi Pengamatan Penyakit dan Penanggulangan Bencana (P2BD) Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur.

Sambutan Kepala Desa Kumbang, M. Taufik (4/5/2017)

Sebagai moderator acara Ketua BPD Kumbang Sabarudin dan langsung membuka acara tersebut dan mempersilakan Kepala Desa Kumbang menyampaikan kata sambutannya. Dalam sambutannya, Kepala Desa Kumbang M. Taufik menyampaikan harapannya, agar sosialisasi tersebut diperhatikan dengan seksama oleh hadirin, agar menjadi pembelajaran bagi semua, sehingga angka penyakit menular di desa ini dapat ditekan se maksimal mungkin. M. Taufik menambahkan, bahwa Desa Kumbang yang saat ini dalam proses menuju Desa Open Defecation Free (ODF) yaitu desa yang 100% harus bebas buang air besar sembarangan, sehingga ancaman penyebaran penyakit menular dapat dicegah sedini mungkin.

Selanjutnya, selepas sambutan Kepala Desa Kumbang, moderator memberikan kesempatan kepada Kepala Puskesmas Lendang Nangka menyampaikan sambutan yang kedua. Dalam sambutannya, Siti Sulatin lebih menekankan kepada semua pihak khususnya kader Posyandu dan PKK agar lebih maksimal lagi dalam mempersiapkan keperluan-keperluan yang mendesak menjelang Lomba Desa dan Anugerah Selaparang pada 8 Mei 2017 mendatang. Menurut Siti Sulatin, bidang kesehatan dan sanitasi merupakan faktor paling penting dalam penilaian Lomba Desa tersebut, terlebih hal-hal terkait pengendalian dan pencegahan penyakit menular di masyarakat.

Paparan Kasi Pengamatan Penyakit Menular dan Penanggulangan Bencana Dinas Kesehatan Lotim, Sinawan M.Kes (4/5/2017)

Selepas Siti Sulatin, narasumber terakhir dari Dinas Kesehatan, memberikan penjelasan lebih lanjut terkait pentingnya pencegahan penyakit menular di sekitar masyarakat. Kepala Seksi Pengamatan Penyakit Menular dan Penanggulangan Bencana (P2BD) DInas Kesehatan Lombok Timur Sinawan, M.Kes,  memberikan paparan singkatnya tentang penyakit menular, cara penularan, cara mengatasi dan pencegahannya kepada 30 lebih peserta yang hadir di aula Kantor Desa Kumbang. Adapun beberapa penyakit menular yang biasa terjadi di tengah-tengah masyarakat menurut Sinawan, di antaranya; Rabies, Hepatitis, Demam Berdarah, dan beberapa lainnya.

Kemudian pada sesi diskusi, moderator mempersilakan dua audience untuk menyampaikan pertanyaan terkait tema. Audience pertama Dedi Sutrisno yang menanyakan Hepatitis bisakah ditularkan melalui hewan dan audience kedua Darma Thohri terkait persiapan Puskesmas dalam mendukung lomba desa dalam bidang kesehatan dan sanitasi. Dari dua pertanyaan audiance tersebut direspon oleh masing-masing narasumber dengan penjelasan yang singkat dan jelas. Akhir acara ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Wakil Ketua BPD Kumbang Suhaimi, S.Pd.I.

(Ds).

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan