Desa Kumbang Sukses Ikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten

Kabar Desa

KUMBANG.DESA.ID – Lomba Desa dan Anugerah Bintang Selaparang merupakan hajatan tingkat kabupaten yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Timur setiap tahunnya. Masing-masing kecamatan akan mengirimkan satu utusan desa yang sudah diseleksi sebelumnya.

Untuk Kecamatan Masbagik, Desa Kumbang dipercaya sebagai perwakilan dan mendapatkan giliran pada hari Senin (8/5/2017) untuk dinilai tim kabupaten. Dengan persiapan maksimal, Desa Kumbang cukup siap untuk menyambut kedatangan tim penilai. Walaupun tidak berharap terlalu banyak untuk mendapatkan hasil yang terbaik, namun pemerintah desa dan panitia serta berbagai elemen masyarakat yang terlibat cukup antusias menyambut kegiatan tersebut.

Penyambutan Tim Penilai Kabupaten, Lomba Desa dan Anugerah Bintang Selaparang 2017

Penyambutan yang cukup meriah disiapkan panitia untuk meyambut kedatangan tim penilai dari kabupaten. Mulai dari kelompok kesenian, pemuda, wanita, kamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pendidikan, pelajar, Pramuka dan sebagainya, berbaur menunggu kedatangan tamu di depan SMK NW Al-Mujahidin NW Kumbung.

Rombongan Penyambutan Tim Penilai Kabupaten Lomba Desa dan Anugerah Bintang Selaparang 2017

Sekitar pukul 09.30 Wita, tim yang berjumlah 20 orang tersebut tiba dengan menggunakan bis. Kedatangan tim tersebut langsung disambut oleh Ketua LKMD Darma Thohri dan diiring ratusan masyarakat yang membaur dalam barisan tersebut. Setelah berjalan kaki sejauh 200 meter, tim kabupaten tersebut disambut kembali secara simbolis oleh Kepala Desa Kumbang, Camat Masbagik, Kapolsek Masbagik dan dipersilakan untuk melanjutkan perjalanan ke lokasi acara di Kantor Desa Kumbang.

Tamu Undangan Lomba Desa dan Anugerah Bintang Selaparang 2017 Desa Kumbang

Masyarakat dan tamu undangan yang sudah memadati halaman Kantor Desa Kumbang, dengan antusias menyambut kehadiran tim penilai tersebut. Setelah tim penilai dan tamu undangan diperkenankan duduk kembali, acara kemudian dimulai.

Pra acara di antaranya pembacaan Kalamullah yang disampaikan Ustadz H. Suparman Supardi. Selanjutnya dilanjutkan dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, mars dan lagu daerah oleh paduan suara TP PKK Desa Kumbang dan acara inti dibuka oleh pembawa acara Ibu Riniati. Dalam acara inti  ini, Camat Masbagik M. Farhi memperoleh kesempatan pertama menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya tersebut, M. Farhi  memaparkan progres persiapan dan pelaksanaan yang sudah dilalui, baik dari tingkat kecamatan hingga tingkat desa dalam mempersiapkan pelaksanaan Lomba Desa dan Anugerah Selaparang 2017. Camat Masbagik tersebut juga menegaskan arti pentingnya lomba desa tersebut beserta manfaat-manfaatnya.

Di sesi kedua, ketua tim penilai kabupaten yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Lombok Timur, Drs. H. Syamsuddin, M.Ap. Dalam sambutannya H. Syamsuddin mengapresiasi kondisi Desa Kumbang yang merupakan desa pemekaran, namun mampu menyetarakan dirinya desa-desa lebih senior. Selain itu, Kepala Dinas PMD Lombok Timur tersebut mengharapkan kerja sama seluruh elemen masyarakat dalam membangun desa perlu ditingkatkan, sehingga prestasi yang dicapai ke depannya lebih baik lagi. Akhir acara, ditutup dengan pembacaan do’a yang pimpin oleh Ketua Yayasan Ponpes Raudatul Mujahidin NW Kumbung, Ustadz M. Sadri, QH., S.Pd.I.

Tim Penilai Sedang Mengevaluasi Tim Pendamping Lomba Desa

Setelah acara ditutup, Kepala Desa Kumbang M. Taufik menyampaikan pidato presentasi berbagai capai-capaian desa di berbagai bidang di depan tim penilai dan tamu undangan yang berasal dari berbagai unsur lembaga pemerintah dan non pemerintahan serta tokoh masyarakat lintas sektoral dari dalam maupun luar desa. Selepas itu, tim penilai dipersilakan memasuki aula Kantor Desa Kumbang untuk melakukan penilaian administratif dan interview progres pelaksanaan kegiatan desa di berbagai bidang.

Acara evaluasi dan penilaian Lomboa Desa dan Anugerah Selaparang berakhir pukul 13.00 Wita. Tim penilai dan tamu undangan menikmati suguhan santap siang sebelum meninggalkan lokasi. (Ds)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan