Sosialisasi DAGUSIBU, Oleh KKN Tematik UNRAM angkatan 66

Kabar Desa

Kumbang ( 29-08-2017 )

DAGUSIBU merupakan ajakan masyarakat untuk bijak terhadap pengggunaan obat-obatan yang benar dimulai dari keluarga. Gerakan ini berupa “Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang” obat dengan benar.
Baiq Fitria Maharani,S.Farm.,M.Si,.Apt selaku dosen Farmsi Universitas Mataram dan Anggota Ikatan Apoteker Indonesia bidang Peneliatan mengatakan, pelaku kesehatan baik Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas, Dokter, Bidan, dan Apoteker, ambil bagian terdepan pentingnya hidup sehat.
“Apoteker bisa terus mensosialisasikan ke masyarakat untuk mendapatkan obat yang benar dan baik. Pelaku kesehatan bergerak membangun keluarga yang sehat dan baik,” kata Maharani, sebelum acara Sosialisasi DAGUSIBU, Selasa (29-08-2017) di aula kantor Desa Kumbang kecamatan Masbagik
Sementara itu salah satu panitia kegiatan, Muhammad Azmi Khalqi  menuturkan kami ingin mengajak masyarakat sadar untuk mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuang obat dengan benar.
“Ini juga merupakan upaya melindungi masyarakat dari bahaya penggunaan obat yang tidak tepat dan benar,” kata Khalqi, seusai acara sosialisasi.
khalqi juga menjelaskan ketidak patuhan dan ketidaksepahaman pasien dalam menjalankan terapi merupakan salah satu penyebab kegagalan terapi. Hal ini sering disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman pasien tentang obat dan segala sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan obat untuk terapinya.
Adanya penyalahgunaan obat, pengguna-salahan obat, obat palsu, dan obat rusak kadaluwarsa yang tidak dikelola dengan benar menjadi latar belakang perlunya IAI menganjurkan kepada masyarakat mendapatkan pemahaman obat dari Apoteker. Di Apotek, Puskesmas, Rumah Sakit, dan Klinik, masyarakat dapat berkonsultasi dengan Apoteker agar obat dapat digunakan dengan tepat dan benar,” pungkasnya.

Selain ketua panitia sosialisa hadir juga pada acara ini yaitu Kepala Desa Kumbang M. Taufik. Taufik menghimbau kepada para peserta yang ikut sosialisasi untuk memperhatikan dengan bijak apa yang akan dipaparkan oleh pemateri nantinya.

Sumber-Hamdi

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan