Sosialisai dan Validasi Data Calon Penerima PKH 2017 Desa Kumbang

Kabar Desa

KUMBANG – Hal pertama yang dilakukan setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak , dalam pelaksanaan PKH di Kecamatan Masbagik Khusunya Desa Kumbang adalah memberikan sosialisasi kepada calon peserta atau penerima manfaat Program Keluarga Harapan

Sosialisasi ini dilakukan melalui Pertemuan dengan Calon Penerima Manfaat PKH yang mendapat Undangan  dimana mereka diberikan penjelasan-penjelasan mengenai apa itu PKH, siapa saja yang berhak mendapat program PKH, syarat peserta PKH, apa hak dan kewajibannya, serta siapa yang harus terlibat dalam program PKH tersebut.

Pelaksanaan Pertemuan awal dan Validasi Data Calon Penerima Manfaat PKH di Desa Kumbang dilaksanakan oleh Koordinator Kecamatan Masbagik dan dibantu oleh rekan-rekan pendamping PKH Kecamatan Masbagik. kegiatan validasi di Desa Kumbang berlangsung selama 1 hari yakni tanggal 26 September 2017 di Kantor Desa Kumbang.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Desa Kumbang, Bapak M. Taufik. yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan PKH adalah Meningkatkan aksesibilitas terhadap pelayanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial dalam mendukung tercapainya kualitas hidup keluarga miskin. PKH diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin dalam jangka pendek serta memutus rantai kemiskinan dalam jangka panjang.

 

Dalam kesempatan ini beliau mengingatkan kepada seluruh calon penerima manfaat agar pada saat validasi data dapat memberikan Data yang benar-benar valid sesuai Faktanya. Jangan sampai memberikan data yang tidak valid, karena itu akan berpengaruh kepada jumlah bantuan yang akan diterima peserta Calon Penerima Manfaat PKH nantinya. Beliau juga berpesan kepada sekuruh calon penerima manfaat PKH agar selalu berkoordinasi dengan Pendamping yang ada di Kecamatan Masbagik. Karena segala sumber informasi mengenai PKH ini berasal dari Pendamping yang bertugas dilapangan.

Sementara itu Koordinator Pendamping PKH kecamatan Masbagik, Bahrul Ulum,S.Ag dalam penjelasannya mengatakan “Validasi dimaksudkan untuk mencocokkan data PPLS yang telah tercetak di Blanko Validasi dari UPPKH Pusat dengan kondisi rill KPM sekarang, serta mencocokkan dengan kategori kepesertaan PKH yakni adanya bumil / nifas, balita, anak usia sekolah SD – SMA serta Lansia dan Disbilitas Berat”. jelasnya “Data calon peserta PKH Kecamatan Masbagik Tahun 2017 adalah 489. Dan data kepesertaan yang lama ada sebanyak 203 KM. Data kepesertaan tersebut dapat berkurang setelah diadakan validasi data dan entry data di UPPKH (data eligible dan non eligible”). (Hamdi/Admin).

Facebook Comments

1 thought on “Sosialisai dan Validasi Data Calon Penerima PKH 2017 Desa Kumbang

Tinggalkan Balasan