Musrenbangdes dan Penetapan RKPDes 2018 Desa Kumbang

Kabar Desa

Kumbang.  Perencanaan pembangunan merupakan hal yang sangat fundamental dalam berjalannya proses pembangunan di desa, tersebut  ditegaskan oleh M.Farhi  (Camat Masbagik ) saat sambutan. “Musrembangdes merupakan ujung tombak perencanaan pembangunan desa”. Tegasnya (27/9).

Pada Musrembangdes tahun ini Desa Kumbang  menetetapkan RKPDes tahun anggaran 2018, dimana usulan-usulan masyarakat yang terkomodir dalam rapat Musyawarah Dusun masuk dalam kegiatan tahun 2018 yang dibiayai oleh APBDes 2018.

“jika usulan-usulan masyarakat tidak bisa terbiayai tahun 2018 maka akan tetap ditampung untuk menjadi program prioritas tahun selanjutnya”, tambah Farhi.

Proses perencanaan penganggaran desa sudah diatur dalam permendagri 114 tahun 2015, hal itu dikuatkan oleh Bq Suriani (Tenaga Ahli Lotim ). “cara kita yang sekarang ini sudah benar dalam melakukan musyawarah perencanaan pembangunan desa sesuai petunjuk teknis permendagri 114 tahun 2015, dimana kegiatan tahun 2018 direncanakan pada tahun 2017”. Tegas TA saat memberikan pengarahan pada Musrenbangdes RKPDes Kumbang.

Substansi dalam perencanaan penganggaran adalah jumlah anggaran yang menyesuaikan usulan bukan usulan yang menyesuaikan anggaran (red). Hamdi/Kim Desa Kumbang “Bangun Mandiri”

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan