Pemantapan Desa Benderang Informasi Publik DBiP 2017

Kabar Desa

Komisi Informasi Provinsi NTB mengadakan Rapat Pemantapan Desa-Desa Model DBiP di Lesehan Gren Asri Sayang-Sayang Kamis, 2 Nopember 2017 terkait dengan pelaksanaan Festival Desa Benderang Informasi Publik (DBiP).  Rapat Tersebut dihadiri oleh Kepala Bappeda Provinsi, Perwakilan dari Kapolda NTB, PPID Utama Provinsi NTB, Perwakilan dari Dinas Kominfo dan DPMD masing-masing Kabupaten dan Kepala Desa yang menjadi Desa Model DBiP.

Dalam Sambutan Ketua KI NTB mengabses semua kepala desa masing masing perwakilan ditiap kabupaten:

  1. Kabupaten Lombok Barat Desa Senggigi Desa Presak
  2. Kabupaten Lombok Timur Desa Rarang Selatan dan Desa Kumbang
  3. Kabupaten Loteng Desa Montong Gamang dan Desa Bara Bali
  4. Kabupaten Lombok Utara Desa Sigar Penyalin dan Desa Gondang

“Kalau kades semua datang saya merasa kenyang kalau dikasih makan saya nolak. Selamat Datang Pak Kades Pertemuan Kali ini adalah rapat panitia ke 2 beserta Kepala Desa yang nanti akan berkopetisi di Festival Desa Benderang Informasi Publik. Saya dan teman-teman komisi informasi tiap hari sakit perut, sakit pinggang dan kumat semua sakitnya menjelang hari H, jadi kenapa penting bapak kepala desa hadir pada hari ini untuk kita melihat, mendengar apasaja yang masih menjadi kendalanya, apa yang masih menjadi kegalauannya atau ada yang sudah siap dengan agenda yang akan dikopetisi pada besok. Dan agenda pada hari ini juga pemantapan kepanitiaan dari pada Festival Desa Benderang Informasi Publik. Mohon Izin Pak Kaban kami sangat-sangat mengapresiasi kehadiran pak kaban pada hari ini untuk penyemangat bagi tim kita karena pak kaban merupakan panitia besar juga dan nanti juga bisa memimpin kepanitiaann kita hari ini.  Saya tidak berpanjang kalam pak kaban karena saya semakin lama berpidato saya suka nangis karena kenapa saya terharu dengan semangat pak kades semua”. Tuturnya sambil berguyon.

Kepala Bappeda Provinsi NTB dalam sambutannya saya bersyukur dan memang saya niatkan ketika menerima undangan kemarin untuk hadir karena acara ini sangat penting untuk kita menyamakan pemahaman kita mengenai acara ini. Dan ada 3 hal yang perlu kami sampaikan kepada bapak/ibu sekalian :

  1. Saya menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Mendukung penuh acara ini kerana apa karena apa yang dilakukan oleh KI dan temen-teman desa ini sesungguhnya ini loh persoalan yang kita hadapi yaitu persolan keterbukaan publik yang harus kita implementasikan dalam persoalan-persoalan keseharian kita apalagi topiknya menurunkan angka kemiskinan melalui penerapan pemerintahan yang terbuka. Sehingga kami mendukung penuh karena ini adlah satu satunya di dunia dan diakhirat belum ada acara ini diprovinsi lain dan mudah-mudahan paling tidak acara ini bisa di buka oleh Bapak Presiden atau paling tidak Bapak Wakil Presiden.
  2. Bagaimana mengemas acara ini supaya hasilnya itu ada jadi harus sukses.

Desa sangat penting sekali bagi pemerintah karena menanggulangi kemiskinan itu harus dimulai dari desa. Mari kia tunjukkan bahwa desa itu mampu berbuat untuk menurunkan angka kemiskinan melalui adanya BUMDES di masing-          masing desa

  1. Pemerintah sudah memiliki data berbasis terpadu (BDT) yang by name by adress

Dalam sambutannya pemerintah Provinsi sangat mendukung sekali acara Festival DBiP yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi NTB.

sumber : .rarangselatan.desa.id

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan