“BAKSO” Bikin Adminduk Secara Online

Kabar Desa

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lombok Timur meluncurkan program pelayanan administrasi kependudukan secara online atau yang di istilahkan dengan Aplikasi BAKSO (Bikin Adminduk Secara Online) dan aplikasi ini di kolaborasikan dengan Sisitim Informasi Desa dan lainnya, Sistem tersebut kini masih dalam tahap uji coba, dan sementara masih di gunakan oleh beberapa desa yang menggunakan Sistim Informasi Desa yang di Sinergitas Programkan  melalui Website Desa, Aplikasi BAKSO ini di diterapkan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Selain itu juga meminimalisir munculnya calo dan praktek pelanggaran pungutan

sistem pelayanan administrasi kependudukan secara online menjadi jawaban atas tuntutan masyarakat. Sebab masyarakat sekarang menuntut semua pelayanan serba cepat dan transparan. Salah satu pelayanan tersebut berkaitan dengan administrasi kependudukan.

Pelayanan online administrasi kependudukan dilayani sepenuhnya oleh Disdukcapil Kabupaten Lombok Timur terhadap beberapa produk kecuali Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El). Khusus untuk KTP-el masih dilayani manual seperti biasa karena petugas membutuhkan kehadiran masyarakat atau pemohon untuk melakukan proses rekam data kependudukan dan proses lainnya.

Pelayanan online itu untuk Pembuatan/Penerbitan Akte Kelahiran, Dalam penerapan pelayanan online ditingkat desa, masyarakat bisa langsung ke kantor desa dengan meminta bantuan Petugas di Desa dengan membawa Berkas-berkas permohonan untuk di scan dan di kirim melalui Aplikasi BAKSO (Bikin Adminduk Secara Online), Pelayanan administrasi kependudukan secara online juga dimaksudkan sebagai bentuk transparansi, dan bisa  mengakses langsung tanpa harus antri dan terjebak pelaku calo.

sumber:www.kalijagatimur.desa.id

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan