Sosialisasi SIMSDM dan e-VISUM bagi Penyuluh PKB/PLKB

Kabar Desa

Kumbang.desa.id bertempat di Lesehan Rirana Selong Lombok Timur yang bertepatan dengan hari Rabu 15 November 2017 diadakan Sosialisasi Penggunaan SIMSDM dan e-VISUM bagi Penyuluh PKB/PLKB se Lombok Timur dengan narasumber berasal dari BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Barat. Hal tersebut bertujuan untuk  memperkuat implementasi Program KKBPK, diperlukan penguatan program dan kegiatan melalui penyediaan data dan informasi BKKBN yang akurat, valid, relevan dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Penduduk dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana dan Sistem Informasi Keluarga. Data dan informasi memegang peranan penting dalam penyusunan rencana, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan bidang Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga. Untuk tersedianya data dan informasi akurat, valid, relevan dan dapat dipertanggungjawabkan perlu dukungan dan peran serta pihak terkait mulai dari tingkat lini lapangan sampai penentu kebijakan baik di tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota. Selanjutnya dengan terjadi perubahan kebijakan terkait pengelolaan aparatur sipil negara ASN PKB/PLKB dari kabupaten dan kota menjadi ASN BKKBN.

Kaitan dengan hal tersebut di atas, pengisian Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia (SIMSDM) BKKBN serta pembangunan dan pengembangan kinerja berbasis buku visum menjadi aplikasi online yang perlu dilakukan kepada PKB/PLKB secara menyeluruh. Melalui pengadaan Dana Alokasi Khusus fisik pada sub bidang Keluarga Berencana terdapat menu Smartphone, terkait memenuhi konten aplikasi Direktorat Bina Lini Lapangan bekerjasama dengan Direktorat Teknologi, Informasi dan Dokumentasi mengembangkan aplikasi visum PKB/PLKB. Agar aplikasi ini dikenal, mudah digunakan, dan dipahami oleh PKB/PLKB saat pelaksanaan dilapangan, maka perlu dilakukan pelatihan/sosialisasi cara pengisian SIMSDM dan penggunaan aplikasi visum kepada PKB/PLKB dan Pengelola Program tingkat Kabupaten/Kota.

Aplikasi SIMSDM dikembangkan oleh Biro Kepegawaian BKKBN Pusat dan aplikasi Visum Penyuluh KKBPK Online yang digunakan oleh Petugas KB/Penyuluh Lapangan KB (PKB/PLKB) dikembangkan Direktorat Bina Lini Lapangan dan Direktorat Teknologi Informasi dan Dokumentasi BKKBN pada tahun 2017 yang merupakan pengembangan teknologi aplikasi berbasis android untuk melakukan monitoring dan evaluasi kinerja PKB/PLKB dengan target sasaran penggunaan kepada PKB/PLKB di seluruh Indonesia. Pengembangan aplikasi ini didasarkan pada kebutuhan untuk mencatat semua kegiatan yang dilakukan oleh PLKB dalam menunjang pekerjaannya dilapangan secara real time.

SIMSDM merupakan database yang memuat data kepegawaian PKB/PLKB dilingkup Kantor BKKBN dengan tujuan SIMSDM ini sebagai standarisasi dan sekaligus media pelayanan, pengawasan dan pengendalian administrasi kepegawaian sebagai database yang uptodate sebagai media data untuk berbagi dengan  stokeholders yang ada di lingkup pemerintahan Lombok Timur. Sedangkan e-VISUM bertujuan untuk melihat kompetensi dari Sumber Daya Manusia terutama petugas PKB/PLKB yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas petugas PKB/PLKB yang ada saat ini baik itu yang menjadi penyuluh maupun tidak. ( Kepala Dinas P3AKB Provinsi ).

Selain itu juga e-VISUM juga berfungsi untuk menghitung tunjangan kinerja serta menerangkan semua kegiatan PKB/PLKB di lapangan dan sangat membantu dalam menyusun angka kredit sesuai kegiatan yang dilakukan di lapangan secara otomatis yang direkap selama 1 ( satu ) bulan sehingga dapat dilihat kinerjanya dalam menjalankan tugas.

Sumber : Petugas PLKB Desa Kumbang

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan