Maulid Adat di Desa Kumbang

Kabar Desa

www.kumbang.desa.id  – Peringatan atau Perayaan Maulid Adat bagi masyarakat Desa Kumbang khusnya yang berada di wilayah Sangiang dan Batuempas Dusun Bangket daya adalah acara yang sangat sakral dan rutin dilaksanakan setiap tahunnya sebab tradisi tersebut merupakan peninggalan dari pada pendahulu  mereka yang senantiasa dijaga dan dilestarikan tanpa mengurangi ataupun menambah gaya pelaksanaannya. Sebelum melaksanakan Maulid atau  Mulud Adat ini terlebih dahulu dilakukan berbagai persiapan yang matang oleh semua anggota masyarakat Dusun yang berada diwilayah tersebut.

Acara tersebut rutin diadakan setiap tahun dan memakai sistim penaggalan Hijiah yakni tepat pada tanggal 12 Rabiul awal. Pada dasarnya Maulid/Mulud Adat dilakukan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Seperti biasanya, tempat perayaan Maulid/Mulud Adat terpusat di satu tempat biasanya disalah satu rumah tokoh adat atau pemuka masyarakat di Dusun tersebut.

Amaq Mahyan ( Tokoh/Kiyai Bartumpas ) menjelaskan bahwa masyarakat Batumpas dan Sangiang melakukan berbagai kegiatan untuk merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad. Mulai dari persiapan membuat jajan-jajanan khas sasak dan berbagai maca kue tradisional serta lauk paok yang natinya akan di makan secara bersama-sama pada hari atau waktu pelaksanaan Maulid/Mulud sasak.

Selanjutnya pada acara Maulid/Mulud sasak tersebut juga sering dirangkaikan dengan acara Ngurisang ( Aqiqah ) dan nyunatang ( Khitanan ) dan lainnnya dan mengundang tamu dari luar seperti pejabat baik dari pemda, kecamatan dan Desa.

by:Hamdi

Facebook Comments

2 thoughts on “Maulid Adat di Desa Kumbang

Tinggalkan Balasan