Bimtek PPDP Dua Desa

Kabar Desa

KUMBANG – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Masbagik, melakukan bimbingan teknik tentang pemutakhiran data pemilih bagi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam rangka pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2018. Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Desa Danger, Sabtu (30/12).

Ketua PPK LL.Usman Ali saat memberikan materi Bimtek

Ketua PPK Kecamatan Masbagik, Lalu Usman Ali,MPd. kepada KIM Desa Kumbang Sabtu (30/12) mengatakan, bimtek pemutakhiran data pemilih ini berlangsung satu hari yang diikuti 24 anggota PPDP yang tersebar di 2 desa yakni Desa Danger dan Desa Kumbang Kecamatan Masbagik.

Bimtek ini sendiri bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada PPDP tentang tugasnya dalam melakukan pendataan pemilih terhadap data yang ada. Setelah melakukan pencocokan dan penelitian di rumah warga, PPDP mengisi formulir yang sudah disiapkan sebagai tanda bukti pemutakhiran dan selanjutnya menempelkan stiker di rumah warga sebagai tanda bukti bahwa pemilik rumah itu sudah didata dan untuk pemasangan stiker sendiri hanya diperuntukkan untuk satu KK saja bukan satu rumah.

“Pendataan pemilih sendiri akan dimulai secara serentak pada tanggal 20 januari 2018 dengan istilah COKLIT          ( Cocokan dan teliti ) dan sebelum tanggal 20 tersebut PPDP harus berkoordinasi dulu dengan RT, RW atau kepala lingkungan yang ada diwilayah pendataannya sekaligus meminta izin terkait dengan tugasnya sebagai pendata. Kita berharap PPDP mendata dari rumah ke rumah (door to door) sehingga tidak ada lagi orang yang sudah memenuhui syarat sebagai pemilih, tapi tidak terdaftar sebagai pemilih,” kata Usman.

Peserta Bimtek PPDP saat mendengarkan pengarahan dari narasumber

Peserta bimtek adalah anggota PPS dan Staf Sekertariatan bersama dengan PPDP. Selanjutnya PPDP yang sudah terbentuk disetiap desa tersebut nantinya akan berkoordinasi langsung dengan PPS yang di masing-masing Desa apa bila ada hal-jal yang belum dimengerti atau belum jelas. Selanjutnya PPDP akan melaporakan hasil pendataannya kepada PPS Desa yakni setiap lima hari dan PPS merekap laopran tersebut pata form yang sudah di sediakan.

Hadir pada kesempatan bimtek tersebut juga adalah anggota dari Pengawas kecamatan dan beberapa anggota PPK yang sudah terbagi berdasarkan wilayah kerjanya.

Bey:Hamdi

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan