PPK dan PPS Untuk Pemilu 2019 di Lantik

Kabar Desa

kumbang.desa.id – Sebanyak 60 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 741 Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres dilantik, Senin (12/3). Pelantikan dilakukan oleh Ketua KPU Kabupaten Lombok Timur di Ballrom Lantai II Kantor Bupati Lombok Timur. Setelah pelantikan ini, tugas berat menanti khususnya untuk PPK karena jumlah per kecamatan hanya tiga orang. Hal itu berbeda untuk PPK Pilgub yang lima orang.

“Pengurangan jumlah PPK tersebut memang sudah sesuai dengan aturan yang ada. Jadi, KPU tinggal melaksanakan saja. Untuk itu, perubahan jumlah PPK ini harus dikomunikasikan dengan baik,” ujar Ketua KPU Muhammad Saleh.

Dikatakan Saleh, anggota yang dilantik merupakan peserta yang telah lolos ujian KPU. Saleh mengaku percaya pada anggota PPK dan PPS yang dilantik akan menjalankan tugas sebagai penyelenggara Pileg dan Pilres dengan baik. Menurutnya, untuk Pileg sendiri sejumlah tahapan sudah dilaksanakan oleh KPU. Mulai dari pembentukan badan penyelenggara pemilu, pendaftaran partai politik (Parpol) dan juga penetapan dan pengambilan nomor urut Parpol.

“Tahapan saat ini adalah memberikan kesempatan pada Parpol untuk mengadu atau melakukan gugatan jika ada masalah.

Saleh menambahkan, setelah pelantikan, KPU Lombok Timur akan menggelar bimbingan teknis pada PPK dan PPS. saleh berpesan setelah ini PPK dan PPS bisa menjalin komunikasi, baik antar sesama anggota maupun dengan lingkungan. Terlebih lagi untuk PPK karena dari sebelumnya untuk PPK Pilgub ada lima orang dan berkurang menjadi tiga orang untuk PPK Pileg dan Pilpres.

Sementara itu, Setda Kabupaten Lombok Timur yang mewakili PLT Bupati Lombok Timur berharap anggota PPK dan PPS dapat menjalankan tugas dengan baik. Dalam kesempatan itu, Setda juga menyoroti berkurangnya jumlah PPK dari 5 untuk Pilgub menjadi tiga untuk Pileg dan Pilpres. “Dengan berkurangnya jumlah anggota tentunya akan menjadi tugas berat bagi PPK. Pesan saya bekerja dengan sungguh-sungguh dan sesuai aturan. Jangan sampai merubah perolehan suara,” Tandasnya.

By:hamdi

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan