SOSIALISASI PENDIDIKAN PEMILIH DAN PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PILKADA 2018 DI KECAMATAN MASBAGIK

Kabar Desa

PPK-Kecamatan Masbagik, Kegiatan Sosialisasi Pendidikan Pemiih Dan Peningkatan Partisipasi Masyarajat Pada Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Prov Nusa Tenggara Barat serta Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Lombok Timur di adakan Kamis, 29 maret 2018 Pukul 09.30 – 12.35 di aula Kantor Camat Masbagik.
Kegiatan ini dilaksanakan oleh KPU Lombok Timur dengan panitia PPK Masbagik. Peserta kegiatan adalah Kepala Desa Sekecamatan Masbagik, Camat masbagik, Pimpinan PONPES, Karang Taruna Sekecamatan Masbagik, osim/osis Sekecamatan Masbagik, Ormmas, Okp dengan jumlah yg dibatasi kpu lotim sebanyak 50 orang.
Hadir pada kesempatan tersebut M. Lutfi Syarifudin,SAg (Kepala Divisi Logistik dan keuangan KPU Lombok Timur)  dan drs Musa Alhadi, MM (Kadiv SDM dan sosialisasi KPU Lombok Timur ).
dalam kesempatan tersebut Lutfi menyampaikan beberapa hal penting diantaranya :

1)  Mengajak kpd semua komponen untuk partisipasi aktif untuk mensukseskan pemilukada tahun 2018,

2) Tahapan saat ini adalah pemutakhiran data pemilih yaitu 24 maret – 2 april 2018

3) Sosialisasi dan tanggapan masyarakat, 3-7 april 2018

4) Perubahan dps, 8-10

5) Rekapitulasi DPSHP tingkat desa, 11-12 april

6) Rekapitulasi DPSHP Tingkat kecamatan dan 19 april penetapan dpt oleh KPU lotim.

Oleh sebab itu, kami memohon kepada Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat, pimpinan ponpes, Pelajar dan mahasiswa serta pemuda untuk membantu KPU dan jajarannya di penyelenggara sehingga pemilukada menjadi berkualitas dan bermartabat.

Lebih lanjut drs Musa Alhadi menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya KPU untuk bersosialisasi sehingga persentase pemilih khususnya di Lombok Timur besar dan juga kita bisa menjadi pemilih cerdas, karena 1 jari menentukan 5 tahun kedepan daerah kita.

Dalam kesempatan sosialisasi tersebut Audiens/peserta memberikan kritik saran kepada KPUseperti Ust Saparudin, QH.SPdI (ketua pemuda NW Kec Masbagik) menyampaikan terkait pemilih pemula dan solusi bagi bagi masyarakat yang belum memiliki KTP-El dan belum memiliki identitas sebagaimana data yg dibagikan PPK Masbagik bahwa data Form AC Keterangan  11 berjumlah 14.422 dan keterangan 12 berjumlah 8.986 dan yg tdk memiliki identitas berjumlah 1.339 Orang. Pertanyaan selanjutnya disampaikan oleh Kades Masbagik Utara Baru ( Khairul Ihsan ) terkait alat peraga kampanye dan tindak lanjut penertiban, selanjutnya sdr Asror ( Perwakilan Kades Masbagik Selatan), Drs Lalu Muh Isnaini ( Kades Lendang Nangka), Haji Ahmad Badrun ( PDIP kec masbagik ), Hilyadi ( ketua karang taruna desa MUB) dan sadarudin ( PKS kec masbagik) menyampaikan komitmen bersama untuk pemilu berkualitas dan bermartabat dengan hendaknya KPU Bersama pemdes untuk memberikan pendidikan politik ke sekolah karena generasi muda ini yg akan jadi penentu demokrasi selanjutnya.

Beberapa pertanyaan dalam 2 sesi tersebut diberikan penjelasan bahwa terkait APK ( Alat Praga Kampanye ) bahwa KPU Lombok Timur membuatkan peserta masing-masing 5 buah baliho  dengan ukuran 3×4 dan 7 buah dibuat sam a peserta, spanduk 1 buah dibuatkan kpu dan 2 dibuat peserta /desa dll dan penertiban APK ini merupakan kewenangan panwas sesuai pasal 76 di PKPU no 4 tahun 2017. Selanjutnya Musa menegaskan bahwa sosialisasi pemilukada ini merupakan bagian dari program untuk memastikan dan memaksimalkan partisipasi masyarakat untuk pemilu tahun 2018, oleh sebab itu, rencana program KPU Lombok Timur akan membuat gerakan gerakan memggema untuk Lombok Timur dengan memanfaatkan Marbot se Lombok Timur untuk diumumkan terkait dengan pemilukada yg insyaallah akan kita mulai bulan mei 2018 ini.

Selanjutnya diakhir kegiatan ketua PPK Masbagik ( Lalu Usman Ali ) meminta kepada semua kepala desa, pimpinan ponpes, siswa pemuda mahasiswa, ormas, penggerak PKH dan lainnya untuk membantu kami dlm sosialisasi pemilukada yg akan dilaksanakan tgl 27 juni 2018 mendatang dan mohon kiranya untuk dibantu dalam pemutakhiran data sesuai jadwal yg sdh diberikan kepada Kades oleh PPS. Jika ada warga yg blm terdaftar untuk di komunikasikan ke PPS atau PPK dan jika warga blm memiliki identitas untuk segera dilaporkan sehingga kita di kecamatan masbagik memiliki basis data yg baik dan bagus.

Sumber:PPK Masbagik

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan