TGB Damai Indonesiaku “Mukadimah sebelum Ramadhan”

Kabar Desa

Hati manusia itu seperti wadah. Sebersih apapun zat yang ingin dimasukkan ke wadah itu, tidak akan ada gunanya jika wadah itu tidak dibersihkan terlebih dahulu. Demikian pesan Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi pada acara Damai Indonesiaku, yang disiarkan langsung di Masjid Ath Thoyybah, SMAN 2 Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/4/2018). “Kita mengambil contoh air paling suci di dunia yaitu air zam-zam. Sesuci-sucinya air zam-zam, ketika kita menuangkannya pada wadah yang kotor, maka ikut kotorlah air zam-zam itu,” jelas gubernur yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) itu.

Bulan Ramadhan, jelas TGB, merupakan salah satu nikmat yang diberikan Allah Subhanahu wa ta’ala. “Maka jika kita ingin memanfaatkan setiap karunia dari Allah, salah satunya yaitu bulan Ramadhan, kita harus membersihkan diri kita dari sifat-sifat yang tidak baik,” pesan TGB di hadapan ratusan jamaah yang hadir

Adapun beberapa sifat-sifat tidak baik yang disebutkan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam, yaitu orang yang suka minum-minuman keras sehingga hilang akal pikirannya, orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya dan orang yang memutus silaturahmi dengan saudaranya.

Sya’ban sebagai bulan mukadimah sebelum Ramadhan, menurut TGB, adalah waktu dimana kita mempersiapkan diri kita. Salah satunya dengan menghilangkan sifat-sifat tersebut. “Karena sebaik-baiknya manusia yang mampu memanfaatkan Ramadhan adalah ketika dia telah siap lahir dan bathin ketika masuk kedalam bulan Ramadhan itu,” pesan TGB.

Sumber:humasntb

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan