Pertemuan Kecamatan Pertama PISEW

Kabar Desa

kumbang.desa.id Bertempat di Aula kantor Camat Masbagik Senin, 21 Mei 2018, dilaksanakan kegiatan pertemuan kecamatan yang pertama dalam rangka Program PISEW yang dihadiri oleh Unsur Kecamatan, Unsur Desa, FM, Tim Kabupaten dan Provinsi, BKAD dan Tokoh Wanita dari kedua Desa sasaran. Target pertemuan ini yaitu menyusun daftar infrastruktur yang akan dibanguan dengan anggaran Program PISEW. Dan pada pertemuan ini telah disepakati infrastruktur yang akan dibangun adalah Pembukaan dan Pentalutan Jalan baru yang menghubungkan Dua Desa yakni Desa Kumbang dan Desa Kesik Kecamatan Masbagik.

tim kabupaten saat memaparkan program PISEW

Ketua Tim Kabupaten menjelaskan bahwa Program PISEW kali ini berbeda dengan Program PISEW tahun sebelumnya yang dimana untuk tahun 2018 ini kecamatan dan Desa yang terkena dengan Program ini sudah langsung di SK kan oleh Kementrian Pusat dan ini merupakan buah dari keberhasilan Program PISEW yang sebelumnya dimana Desa Kumbang dan Lendang Nangka sebagai tempat pelaksanaan pembangunan bisa mewakili Lombok Timur dan mengharumkan nama Provinsi NTB untuk menjadi terbaik kedua Tingkat Nasional.

tim Provinsi saat memaparkan program PISEW

Selanjutnya Tim dari Provinsi juga mengatakan bahwa Program PISEW tahun 2018 ini merupakan Program Tahun Ke III dimana pada Tahun 2018 ini Kabupaten Lombok Timur ada 8 Kecamatan yang terkena dengan Program PISEW ini dan keberhasilan dari program ini adalah karen adanya campur tangan masyarakat dan Pemerintah Desa. Selain itu juga tim dari kabupaten memberikan masukan kepada FM kedepannya untuk lebih berhati-hati dalam bekerja dan melengkapi admnistrasi yang ada terutama dalam haln penyimpanan dan dokumentasi. Perlu diketahui bersama bahwa dana PISEW yang ada saat ini sama jumlahnya dengan dana PISEW tahun sebelumnya yakni sebesar Rp 600.000.000,00 ( Enam Ratus Juta Rupiah ) hanya saja untuk tahun ini tidak terkena pajak baik itu PPN maupun PPH.

FM ( Fasilitator Masyarakat )

Disamping itu FM ( Fasilitator Masyarakat ) untuk PISEW ini menjelaskan bahwa inti dari pertemuan kecamatan pertama ini adalah :

  1. Sosialisasi Kemasyarakat;
  2. Menggali Potensi Desa;
  3. Permasalahan Desa dan
  4. Pemecahan Masalah/Solusi.

Dan diakhir acara sebelum penutupan Pembawa acara memberikan kesempatan kepada kedua Kepala Desa yang terkena Program PISEW tahun 2018 ini yakni Kepala Desa Kumbang dan Kepala Desa Kesik dan kedua-duanya sama-sama sepakat untuk menerima, melaksanakan, memelihara dan mempertanggungjawabkan program PISEW tersebut.

Kades kumbang dan kesik saat menyampaikan komitmennya mengenai Program PISEW
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan