KKN Tematik Unram Gelar Sosialisasi dan Praktik Pembuatan Pupuk dari Serbuk Gergaji

Kabar Desa

Kumbang.desa.id — Kelompok KKN Tematik Universitas Mataram (Unram) di Desa Kumbang mengadakan kegiatan sosialisasi sekaligus praktik pembuatan pupuk organik dari serbuk gergaji pada Senin (6/8) di tempat pengolahan kayu RT.03, Dusun Bangket Daya. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja utama kelompok KKN Unram yang bertujuan untuk mewujudkan lingkungan desa yang lebih bermanfaat dengan cara mengolah limbah industri kayu berupa serbuk gergaji menjadi pupuk organik.  Banyaknya serbuk gergaji yang dibakar atau dibuang percuma di sembarang tempat menjadi alasan dilaksanakannya program kerja ini.

Penyampaian materi sosialisasi pupuk organik oleh H. Husnul Yakin, Senin (6/8) di RT.03, Dusun Bangket Daya.

Sosialisasi tentang pupuk organik diisi oleh pemateri dari Penyuluh Pertanian Kecamatan Masbagik, H. Husnul Yakin, SP. Setelah sosialisasi, dilakukakn praktik pembuatan pupuk dari serbuk gergaji yang dipandu langsung oleh mahasiswa KKN Unram dengan didampingi pula oleh H. Husnul Yakin, SP.

Kegiatan sosialisasi dan praktik ini dihadiri oleh anggota Kelompok Tani Desa Kumbang, Kepala Dusun Bangket Daya, serta beberapa pemuda Bangket Daya. Adanya generasi muda yang ikut serta dalam kegiatan ini diharapkan dapat membantu terwujudnya lingkungan desa yang berdaya guna dengan memanfaatkan kreatifitas yang dimiliki serta pola pikir yang lebih segar dan inovatif.

Praktik pembuatan pupuk dari serbuk gergaji dipandu oleh mahasiswa KKN Unram dan didadmpingi oleh penyuluh pertanian, H. Husnul Yakin, Senin (6/8) di tempat pengolahan kayu Dusun Bangket Daya, RT 03.

Selain sosialisasi dan praktik pembuatan pupuk organik dari serbuk gergaji, mahasiswa KKN Unram nantinya akan menyelenggarakan program kerja utama berupa penanaman satoga bersama kelompok PKK Desa Kumbang.

by:putri

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan