Lombok Timur Sukses Mengadakan BID

Kabar Desa

kumbang.desa.id bertempat di halaman Perpustakaan Daerah Kabupaten Lombok Timur pada hari ini Kamis 25 Oktober 2018 diadakan Bursa Inovasi Desa yang ke II. Acara ini sendiri langsung di motori oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD ) Kabupaten Lombok Timur yang dibantu dengan PID/TPID yang berada di 21 Kecamatan yang tersebar di kabupaten Lombok Timur.

hadir pada kesempatan tersebut Bupati Lombok Timur, Setda Kabupaten Lombok Timur, Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur, seluruh kepala SKPD Kabupaten Lombok Timur, Kepala Desa-BPD-LKMD se kabupaten Lombok Timur dan undangan lainnya yang berasal dari luar daerah dan Dinas Provinsi NTB.

Kepala Dinas DPMD Kab Lombok Timur saat menyampaikan Laporan BID

pada kesempatan tersebut Kepala DPMD Lotim, HM Juaini Taofik dalam laporannya memaparkan bahwa konsep bursa inivasi desa tahun sebelumnya dtitik beratnya lebih pada pengenalan bursa inovatif sendiri. Sementara perhelatan kedua yang diselenggarakan pada kesempatan kali ini akan lebih dipertajam pada forum konsultasi. Artinya, kepada para peserta bursa inovatif dari kalangan Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan lembaga desa lainnya, bisa memanfaatkan momen itu, untuk berkonsultasi tentang apa yang dianggarkan melalui Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD).

Dikatakan, bursa inovatif ini  akan menjadi wahana para pemangku kepentingan desa untuk mengetahui praktek pembangunan desa, yang dilakukan oleh desa lain. Apakah itu praktek pembangunan dilakukan desa-desa di NTB atau di Pulau Jawa. Apa yang akan dilihat melalui pamphlet atau video bisa dikonsultasikan, apakah bisa diterapkan di desa tersebut atau tidak. Tentu sesuai masalah dan potensi desa itu sendiri dan nantinya para kepala desa akan diberikan brosur untuk menyatukan persepsi dan komitmennya untuk Inoivasi Desanya sendiri.

Bupati Lombok Timur saat menyampikan sambutannya pada acara BID

selanjutnya Bupati Lombok Timur H.M.Sukiman Azmi dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa yang hadir untuk terus lebih giat bekerja dan memperbaiki data Desa baik data fisik dan non fisik karena dengan ketersedian data tersebut ketika nantinya Pemerintah Daerah atau yang lainnya butuh data maka dengan cepat tersaji. Bupati juga menambahkan bahwa program utama yang akan di jalankan pada tahun 2019 ini adalah perbaikan Infrastruktur jalan yang ada di Desa dan dusun untuk segera di cek dan di inventaris mana yang rusak berat, ringan dan sedang karena Pemda pada tahun 2019 akan datang akan menuntaskan hal tersebut di samping program lainnya seperti Bebas biaya berobat untuk Warmis dan lainnya.

Bupati Lombok Timur didampingi pimpinan KOMPAK saat meninjau Stand SID

dan pada kesempatan yang sama Bupati Lombok Timur juga berkesempatan meninjau beberapa Stand yang di siapakan oleh Panitia dalan Bursa Inovasi Desa kali ini dan salah satu yang dikunjungi adalah STAND FORSID ( Forum Oprator Sistem Informasi Desa ) yang menyajikan tentang betapa mudahnya pelayanan yang ada di desa sekarang dengan memakai SID segala bentuk administrasi surat menyurat hanya di lakukan kurang dari 2 menit.

By: Hamdi

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan