BAKSO MEMPERMUDAH PELAYANAN ADMINDUK

kumbang.desa.id Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ) Kabupaten Lombok Timur mengadakan pelatihan dan pemantapan Pelayanan Pengurusan Administrasi Kependudukan secara online, paha Rabu, 24 Oktober 2018 yang lalu bertempat di ruang pertemuan Disdukcapil. Pelatihan ini sendiri diikuti oleh 30 Operator Desa dari 239 Desa yang ada  di Lombok Timur.

Maksud dan tujuan dari diadakan pelatihan tersebut adalah agar natinya Operator SID yang ada dimasing-masing desa diharapkan bisa memberikan dampak besar terkait capaian adminduk di kabupaten lombok timur dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengurus kepemilikan adminduk secara on-line baik lewat desa maupun lewat smartphone.

Adapun Pengurusan Adminduk secara online yang menjadi prioritas adalah Kepemilikan Akta Kelahiran, E-KTP dan kedepannya akan ditambahkan untuk pengurusan Akta Kematian dan data hilang sehingga semua kebutuhan masyarakat yang terkait dengan kebutuhan kepengurusan Administrasi Kepenudukan akan di buat secara On-line keepannya.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten lombok timur sudah meluncurkan sebuah  Aplikasi yang bernama BAKSO (Bikin Administrasi Kependudukan Secara Online) yang dimana masyarakat yang ingin mengurus segala bentuk administrasi kependudukan  cukup datang kekantor desa dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan, setelah itu Operator SID tinggal Verifikasi dan Validasi berkas tersebut ketika sudah lengkap persayatannya tinggal di Copy Scan dan di Upload kedalam aplikasi BAKSO. Dan oprator BAKSO yang ada di DISDUKCAPIL akan memverifikasi data pemohon dan apabila data tersebut lengkap maka akan langsung diproses dan menunggu pencetakan.

Sementara itu menurut Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan Fendi Ferdiyawardi menjelaskan bahwa sampai saat ini dalam capaian KTP-EL dan AKTA KELAHIRAN hanya ada satu desa yang sudah mencapai 100 % dalam pengurusan KTP-El dan sisanya masih dibawah 90 % bahkan ada yang masih dibawah 50% dan kedepannya Fendi menjelaskan dengan diluncurkannya BAKSO ini memudahkan masyarakat dalam mengurus adminduknya tanpa harus datang langsung ke Disdukcapil cukup kekantor Desa masing dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan

Data DISDUKCAPIL untuk pencapaian KTP dan AKTA KELAHIRAN


About Hamdi 257 Articles
Kaur Pemerintahan Pada Kantor Desa Kumbang

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.


*