Sosialisasi BUMDesa Bersama

Foto kegiatan sosialisasi BUMDEsa Bersama di DPMD Kabupaten Lombok Timur

kumbang.desa.id Bertempat di kantor Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD ) Kabupaten Lombok Timur diadakan sosialisasi BUMDesa yang diikuti oleh semua Kepala Desa dan BPD sekabupaten Lombok Timur yang terbagi menjadi tiga angkatan. Acara tersebut dilaksanakan mulai dari 14 s/d 16 November 2018 dan dibuka langsung oleh kepala seksi aset desa dinas DPMD kabupatan Lombok Timur Ir. Agus Masriadi.

Menurut Agus Visi Presiden Joko Widodo yang menetapkan program membangun Indonesia dari pinggiran dalam Nawacita-nya adalah salahsatu yang membuat desa mendapatkan nasib baik. Perubahan mulai menyinari sudut-sudut wilayah Indonesia yakni desa. Saat ini di lombok timur sendiri sudah ada 181 BUMDesa dari 239 desa yang ada dan kedepannya diharpakan semua desa yang ada di Lombok Timur yang belum memiliki BUMDesa agar segera membuat BUMDesa sehingga bisa mencapai 100%.

Selanjuntnya Kabid BUMDES pada DPMD Kabupaten Lombok Timur Nunuk Sustianingsih mengatakan bahwa BUMDesa yang ada saat ini kebanyakan masih bersipat mandiri yang dibentuk oleh BPD, Kepala Desa pada waktu Musdes. Kedepannya Nunuk berharap akan muncul BUMDesa bersamayang di buat oleh BPD, Kades, Lembaga Desa, Perangkat Desa dll yang secara bersama-sama melakukan Musyawarah Antar Desa (MAD) yang diselenggarakan oleh kecamatan sehinnga nantinya terbentuk BUMDesa Bersama.

Sampai dengan saat ini baru 3 BUMDesa Bersama yang ada di Lombok Timur diataranya berada di Desa Aikmel Utara dan sekitarnya, Desa Keruak dan sekitarnya dan Desa Labuan dan Desa sekitarnya. BUMDesa mandiri maupun bersama tidak boleh di jabat oleh BPD, Pemdes, PKK, LKMD dan Karang Taruna.

Ada beragam masalah yang membuat BUMDes belum tumbuh sebagaimana harapan. Pertama, karena wacana BUMDes bagi banyak desa baru masih seumur jagung terutama sejak disahkannya UU Desa No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Sejak saat itu pemerintah lalu menggenjot isu pendirian BUMDesa di seluruh desa di penjuru nusantara. Ini membuat Kementerian Desa menjadi salah satu Kementerian yang paling sibuk keliling seluruh pelosok negeri demi sosialisasi jabang bayi bernama BUMDesa ini.

By:Hamdi

About Hamdi 257 Articles
Kaur Pemerintahan Pada Kantor Desa Kumbang

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.


*