Bahas Sinkronisasi Pariwisata, Wagub NTB Gelar Rapat dengan Bupati Lotim

Kabar Desa Pemerintahan

kumbang.deaa.id Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menggelar rapat dengan Bupati Lombok Timur, Timur HM. Sukiman Azmy beserta seluruh jajarannya, Kamis (06/12/2018). Rapat yang berlangsung di Kantor Bupati Lombok Timur itu membahas sinkronisasi program pariwisata antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur. Sebab pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan yang dimiliki NTB.

Wakil Gubernur NTB menyampaikan bahwa, apa yang akan dikembangkan Lombok Timur untuk menggarap maksimal sektor pariwsata sejalan dengan program yang juga akan dijalankan oleh Pemprov NTB.

“Program pariwisata yang akan dijalankan oleh Pemda Lombok Timur sejalan dengan program yang akan kami jalankan di Pemerintah NTB khususnya memaksimalkan potensi desa menjadi desa wisata,” jelas Wagub pada rapat yang juga dihadiri Kadis Pariwisata NTB L. Faozal dan sejumlah perwakilan dari desa wisata Lotim

Menurut Wagub, bicara desa wisata, Lotim adalah gudangnya desa yang potensial dijadikan sebagai objek wisata.

“Desa wisata hendaknya dilakukan oleh masyarkat yang ada di desa wisata tersebut. Jangan sampai desa yang dijadikan sebagai desa wisata itu justru dikelola dan didesain oleh orang-orang luar desa tersebut. Jika hal ini terjadi, maka manfaat yang didapatkan oleh masyarakat desa tersebut tidak maksimal,” kata Wagub.

Oleh karena itu, lanjut wagub, kualitas SDN harus ditingkatkan supaya bisa mengelola dan mengembangkan sendiri potensi desanya.

“Pemprov akan membantu meningkatkan kualitas sdm sehingga masyakart di desa yg menjadi potensi desa wisata itu akan bisa maksimal,” jelas Wagub

Wagub juga mengingatkan supaya masyarakat ikut aktif menjaga lingkungan untuk meminimalisir terjadinya bencana alam seperti banjir, longsor dan lain sebagainya.

“Masalah Lingkungan ini kita tidak bisa untuk tidak peduli lagi supaya kelestarian daerah kita tetap terjaga,” kata Wagub.

Sementara itu, Bupati Sukiman Azmy dalam pengantarnya menyampaikan bahwa Lombok Timur merupakan salah satu daerah di NTB yang memiliki potensi wisata yang sangat besar.

“Potensi Lombok Timur untuk dikembangkan menjadi daerah pariwisata sangat besar baik dari lautnya, hutan, pertanian, handycraft, dan culturalnya,” jelas Bupati.

Untuk itu, Bupati Sukiman berharap supaya kerjasama pemprov ntb dengan pemkab Lotim perlu dilakukan dan ditingkatkan suapaya potensi pariwisata Lombok Timur bisa tergarap maksimal.

Dalam pemaparan Kadispar NTB, di Lotim saat ini telah ada sektar 25 desa wisata baik desa wisata yang di sektor pertanian, laut, hutan, hadycarft, dan budaya.

Sumber:birohumasNTB

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan