Peningkatan SDM KIM dan Pengenalan SIDEKa

Kabar Desa Pemerintahan

Pemerintah Desa Kumbang Kecamatan Masbagik, menggelar pelatihan peningkatan wawasan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) “Bangun Mandiri” di Kantor Desa Kumbang, Senin(10/12/2018).

Kegiatan tersebut dilaksanakan, dengan harapan KIM yang dibentuk desa Kumbang, mampu memperkuat penyebaran informasi dan menangkal informasi yang tidak benar atau hoaks di masyarakat serta menciptakan internet yang sehat dan hebat.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 13 Anggota KIM “Bangun Mandiri” Desa Kumbang dengan menghadirkan pemateri yang berasal dari Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kabupaten Lombok Timur, hadir pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Diskominfotik kabupaten Lombok Timur Ir. Khairul Amri dan Kepala Seksi Pelayanan Informasi kepada masyarakat Saharudin.S.Sos.

Amri mengatakan kepada seluruh anggota KIM Bangun Mandiri Desa Kumbang untuk selalu membantu Pemerintah Desa dalam menyampikan informasi kepada masyarakat yang berkaitan dengan program kerja dan lainnya sehingga masyarakat cepat mengetahui program Desa yang ada saat ini dan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara baik itu melalui webs desa maupun media sosial lainnya.

Pada kesempatan tersebut Oprator website sistem informasi desa Saudara Hamdi memaparkan hasil TOT yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di desa mandalamekar kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasyikmalaya Prov Jawa Barat dan memperkenalan Sistem Informasi Desa dan Kawasan kepada Kabid dan Kasi Diskominfo Kabupaten Lombok Timur dan kepada para anggota KIM yang hadir pada kesempatan tersebut termasuk ketua BPD Desa Kumbang.

Hamdi memeperkenalkan Sideka dan Dasboardnya serta monitor.sideka.id sebagai salah satu barometer yang ada ditingkat pusat untuk melihat desa-desa yang ada dinusantara dan perkembangannya serta memberikan pemahaman tentang kelebihan yang dimiliki oleh Sideka tersebut yang saat ini servernya sudah dipegang atau diambil alih oleh pemerintah dalam hal ini Kementian Komunikasi dan Informasi. Hamdi sangat berharap kedepannya Desa-desa yang belum memilik webs desa dengan domain desa.id bisa bergabung dan menggunakan aplikasi Sideka tersebut dan tentunya harus  di dukung oleh pemerintah daerah yang yang kuat termasuk didalamnya adalah Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Lombok Timur.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan