Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Kumbang

Kabar Desa Pemerintahan

Kumbang.desa.id  Untuk meningkatkan pemahaman tentang pemerintahan Desa, Pemerintah Desa Kumbang mengadakan Bimbingan Teknis selama 2 hari dimulai dari 20 Desember s/d 21 Desember 2018 di Aula Kantor Desa Kumbang, Kec. Masbagik, Kab. Lombok Timur dari pukul 09:00 – 14:00 Wita. Di hari pertama kegiatan tersebut secara langsung dibuka oleh M. Taufik selaku Kepala Desa dengan tema Pengelolaan Keuangan Desa dan Pemahaman Tupoksi sebagai upaya pembinaan terhadap Aparatur Pemerintahan Desa untuk memahami Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa dan dihadiri oleh seluruh staf Desa Kumbang.

                                                 Sambutan Kades Kumbang M. Taufik pada acara Bimtek aparatur desa

Dalam sambutannya, Kepala Desa Kumbang M. Taufik menyampaikan dengan semakin meningkatnya nilai dana desa yang diterima sangat diperlukan pengelolaannya lebih baik. Sehingga dalam penggunaan dana desa benar–benar sesuai dengan maksud dan tujuannya. Sebab pengelolaan yang baik sangat bergantung kepada kapasitas dari pemerintah dan aparatur desa. Sejauh ini, Taufik menilai para perangkat pemerintahan desa hingga para kepala urusannya belum sepenuhnya memahami tugas pokok dan fungsinya. “Dalam pelaksanaan tugas pemerintahan desa tidak hanya menjadi tanggung jawab kepala desa, namun harus ada pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas. Jadi masing-masing orang atau masing-masing urusan mempunyai tugas dan tanggung jawabnya apa lagi saat ini sudah diberlakukan SOTK yang terbaru sehingga kedepannya sangat diperlukan perencanaan yang matang serta Harus saling ada kerjasama yang baik,” terang Taufik.

         Kabid Pemdes DPMD Kab LOTIM saat memberikan materi Bimtek

Sementara itu, Lukmanul Hakim. SE selaku Kabid Pemdes DPMD Kabupaten Lombok Timur menjelaskan bahwa Sesuai amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Pasal 69 Ayat (12) dan Permendagri Nomor 111 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan Desa, Pasal 27 Ayat (2) menyebutkan bahwa dalam pelaksanaan Peraturan Desa, Kepala Desa menetapkan Peraturan Kepala Desa sabagai aturan pelaksanaannya. Perkades tentang penjabaran APBDes menjadi aturan Pelaksanaan Perdes tentang APBDes. Pengaturan terkait Perkades tentang Penjabaran APBDes mengacu pada sistem Pengelolaan Keuangan Daerah, yang memberikan ruang untuk perubahan yang dibutuhkan segera, dan menjawab pertanyaan. Jelasnya

Selanjutnya aparatur Desa Kumbang menyambut baik bimtek peningkatan kapasitas ini dan menjadi sebuah kegiatan yang bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang berkaitan erat dengan Tupoksi dari masing-masing Kasi dan Kaur nantinya untuk bekerja sesaui dengan rel berdasarkan SOTK yang sudah disahkan. ( Hamdi )

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan