Peningkatan Kapasitas BPD Desa Kumbang

Kabar Desa Pemerintahan

http://kumbang.desa.id Dalam rangka peningkatan kapasitas anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kumbang, Pemerintah Desa Kumbang menyelenggarakan pelatihan anggota BPD pada Sabtu, 22 Desember 2018 bertempat di Kantor Desa Kumbang Kecamatan masbagik dan langsung dibuka oleh Kepala Desa Kumbang M. Taufik. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota BPD Desa Kumbang, Staf Administrasi BPD serta dari unsur Pemerintah Desa turut serta mengikuti pelatihan ini. Narasumber sendiri berasal dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten Lombok Timur Kabid Pemdes Lukmanul Hakim. SE, kabid keuangan Hajjah Marta dan staf Pemdes Agus Wardana. SP.

Materi yang diberikan adalah regulasi, tata kelola dan tata administrasi BPD sebagaimana ditentukan dalam Permendagri 110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa. Dijelaskan juga tentang hubungan kerja BPD dengan Pemerintah Desa serta berbagai buku administasi yang harus dimiliki oleh BPD.

                 Pemaparan oleh Narasumber dari DPMD Kab Lombok Timur

Diharapkan melalui peningkatan kapasitas ini anggota BPD semakin memahami regulasi dan aturan-aturan tata kelola BPD serta dapat memahami tugas-tugas BPD dalam hubungan kerjanya dengan Pemerintah Desa. Dengan pemahaman yang baik dan benar, fungsi BPD dalam menyepakati regulasi desa bersama-sama dengan Pemerintah Desa, menyerap aspirasi masyarakat dan pengawasan kinerja Pemerintah Desa akan berjalan dengan baik dan harmonis. Bersama-sama Pemerintah Desa, BPD juga berperan dalam mewujudkan desa yang maju dan mandiri dan kedepannya diharapkan terwujudnya administrasi yang baik sesuai dengan permendagri 110 tahun 2016 yang berlaku saat ini.

Lebih tegas lagi dikatakan bahwa selain beberapa buku administrasi wajib yang dimiliki oleh BPD ada beberapa buku wajib juga yang harus di miliki dan dibuat oleh Desa demi terciptanya tertib administrasi kedepannya dan mempermudah segala bentuk administrasi Desa nantinya terang Agus.

Kegiatan ini sepenuhnya dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) Desa Kumbang Tahun Anggaran 2018 Bidang Pemberdayaan Masyarakat.(hamdi)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan