Sosialisasi HIV/AIDS Pada Pasien TBC dan Skrining HIV/AIDS

Kabar Desa

kumbang.desa.id -Bertempat di Aula Desa Kumbang, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, diselenggarakan acara Sosialisasi HIV/AIDS dan Skrining Pada Pasien TBC (20/02) yang diselenggarakan oleh Puskesmas Lendang Nangka. Sebagai moderator sosialisasi tersebut Ence Hartony Apriani, SKM Sanitarian Puskesmas Lendang Nangka. Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Kepala Desa Kumbang, M. Taufik.

Dalam sambutannya, Kepala Desa sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi tersebut. Menurutnya, kegiatan semacam ini sangat membantu masyarakat untuk menambah pengetahuan akan bahayanya TBC dan HIV/AIDS dan bagaimana caranya untuk mencegahnya. Ditambahkannya lagi, Bahwa TBC, HIV/AIDS adalah penyakit yang tidak bisa kita ketahui kemunculannya, oleh sebab itu kita perlu mengetahui tanda-tanda dan gejalanya dengan melakukan Checkup di Puskesmas atau Rumah Sakit setempat.

Pada sesi penyampaian materi, sebagai narasumber H. Karmin, A.Md. Kep memberikan pemaparan tentang gejala TB Paru, cara pencegahan, pengobatan. Selain itu, H. Karmin menjelaskan, bahwa penderita TB paru tidak mengenal usia, setiap orang bisa terkena. Menurutnya, TB itu tidak hanya menjangkiti paru-paru, dikenal juga ada TB tulang, rahim dan kelenjar.

Pada sesi selanjutnya, Fasilitator Kabupaten Rospan Sutadirya, SKM programmer HIV/AIDS Dinas Kesehatan Kabupten Lombok Timur menyampaikan materi tentang apa itu HIV/AIDS, ciri-ciri dan tata cara pencegahan HIV/AIDS secara khusus. Rospan Sutadirya menambahkan, sangat pentingnya pengetahui dini tentang gejala dan ciri HIV/AIDS ditingkat keluarga secara khusus dan masyarakat secara umumnya. Menurutnya, masyarakat jangan pernah takut untuk memeriksakan diri jika ciri-ciri dan gejala HIV/AIDS terlihat.

Pada sesi terakhir, dilakukan skrining pada peserta terhadap TBC dan HIV/AIDS dengan pengambilan sample darah masing-masing orang. Dengan skrining ini, bisa menjadi salah satu metode pedekatan kepada masyarakat agar tetap berani memberanikan diri untuk secara rutin memeriksakan kesehatannya, baik di Puskesmas maupun di Rumah Sakit setempat. (DS)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan