3.692 Rumah Rusak Akibat Gempa Lombok Utara Sudah Dibangun Kembali

Kabar Desa

http://kumbang.desa.idBupati Lombok Utara H Najmul Akhyar menyatakan bahwa 3.692 rumah yang rusak berat, sedang, dan ringan akibat gempa yang melanda wilayah Lombok pada Juli-Agustus 2018 sudah dibangun kembali.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Utara, jumlah tempat tinggal warga yang mengalami kerusakan berat, sedang, dan ringan akibat gempa tahun lalu sampai 75.741 unit di lima kecamatan.

Data terkini pemerintah menunjukkan, 26.885 unit rumah warga yang rusak berat sedang dalam proses pembangunan dan 3.085 unit di antaranya sudah jadi.

Sementara itu, rumah yang sudah selesai dibangun dalam proses pembangunan kembali rumah warga yang rusak sedang dan ringan akibat gempa jumlahnya 507 unit dengan perincian 128 unit di antaranya semula mengalami kerusakan sedang dan 379 unit lainnya semula mengalami kerusakan ringan.

Komandan Resor Militer 162 Wira Bhakti Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani mengatakan bahwa kemajuan proses rehabilitasi dan rekonstruksi setelah gempa bumi di Kabupaten Lombok Utara sangat pesat dalam satu bulan terakhir. Pembangunan kembali rumah penduduk yang rusak akibat gempa sudah mencakup 40 persen dari total jumlah rumah yang rusak.

Rizal menekankan pentingnya koordinasi antar-instansi, termasuk dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lombok Utara, dalam upaya mempercepat proses rehabilitasi dan rekonstruksi rumah warga terdampak gempa.Gamvar

Sumber:Insidelombok.id

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan