Desa Kumbang Gelar Seleksi Calon Perangkat Desa

Kabar Desa

Kumbang.desa.id Desa Kumbang Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur, menggelar seleksi calon peranggkat desa.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Camat Masbagik, seleksi ini dilaksanakan untuk mengisi posisi yang kosong saat ini. Terdapat 4 Formasi yang kosong saat ini di Desa Kumbang yaitu, 3 kepala Pelaksana wilayah dan sekertaris desa, Selasa (23/7).

         Hamdi Nasri. Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan                                      Perangkat Desa Kumbang Tahun 2019

Hamdi Nasri selaku Ketua Tim Penyaringan dan Penjaringan Perangkat Desa mengatakan, penjaringan atau seleksi ini digelar guna untuk megisi kekosongan di 3 (Tiga) kepala wilayah yaitu Kekadusan Kumbung Timur, Kumbung Barat dan Sangiang Serta seleksi untuk megisi kekososongan pada sekertaris desa. Sebanayak 5 (Lima ) calon pendaftar yang megikuti penjaringan tersebut dan 4 (empat) peserta yang ikut dalam seleksi untuk mengisi kekosongan di 2 kekadusan dan 2 peserta mengikuti seleksi sekertaris desa dan satu orang calon perangkat desa (Pelaksana Wilayah) Dusun Kumbung Timur tidak bisa mengikuti Test seleksi dikarenakan tidak memenuhi Formasi yang ada yakni minimal 2 calon dalam satu formasi. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Bupati Lombok Timur Nomor 06 Tahun 2018. Tentang tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa dan staf perangkat desa.

” Ada tiga kategori penilaian yaitu pertama uji akademik atau ujian tulis, uji akademik ini yang terkait dengan ilmu pengetahuan umum,agama dan wawasan. Kedua uji interview dan kompetensi dengan diberikan durasi waktu 15 menit”, kata Hamdi.

Lebih lanjut Hamdi menjelaskan, penjaringan atau seleksi ini akan langsung diumumkan setelah melakukan pemeriksaan dengan tim panitia penjaringan Kecamatan selanjutnya akan dilakukan perengkingan dan dimumumkan secara langsung kepada semua peserta/Calon peangkat Desa yang mengikuti Test. Hal ini dilakukan untuk menghidari hal-hal yang tidak diinginkan keepannya.

Setelah dilakukan pengumuman kelulusan selajutnya laporan akan diserahkan ke Kepala Desa untuk dan selanjutnya Kepala Desa menyerahka laporan ke Kecamatan untuk dilakukan rekomendasi penetapan atau di SK kan.

Muhidin selaku Ketua Tim Monitoring Seleksi mengungkapkan, jika tidak ada rekomendasi dari Kecamatan kemudian Kepala Desa membuat Sk tanpa rekomendasi dari Kecamatan, maka Sk yang dibuat oleh Kepala Desa dianggap batal. Dan perlu diketahui bersama baha test seleksi yang dilakukan saat ini di Kantor Camat Masbagik berdasarkan permintaan dari Panitia Penjaringan melibatkan banyak pihak dalam melakukan pengawasan dan langsung menjadi penguji dalam test wawancara tersebut. Adapun yang kita libatkan dalam Tim seleksi tersebut adalah Sekretaris Camat Masbagik, Kasi Pemerintahan Kec. Masbagik, Anggota Danramil Kecamatan Masbagik dan Kanit Intel Polsek Masbgik.

Tim Penjaringan dan Penyaringan berharap semoga yang terpilih dalam seleksi ini bisa amanah dalam menjalankan tugas dan bekerja baik dalam memajukan Desa Kumbang kedepannya.

Adapun nama-nama calon peserta yang mengikuti Tets seleksi perangkat Desa dan yang lulus berdasarkan perangkingan adalah sebagai berikut :

Calon Pelaksana Wilayah Dusun Sangiang dengan peserta :

    1. Sabarudin.S.Pdi                   Dengan nilai rata-rata : 64,38
    2. Joniadi                                 Dengan nilai rata-rata : 51.75

Calon Pelaksana Wilayah Dusun Kumbung Barat :

    1. Zaenuri                               Dengan nilai rata-rata : 56.38
    2. Muhamad Sarjono             Dengan nilai rata-rata : 82.13

Calon Sekretaris Desa

    1. Ahmad Julianto. SE           Dengan nilai rata-rata : 74.75
    2. Bazrun.S.Pd                       Dengan nilai rata-rata : 60.25

( Sumber Pemerintah Kecamatan Masbagik )

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan