REMBUG STUNTING DAN LAUNCHING PROGRAM STUNTING DESA KUMBANG

http://kumbang.desa.id Rembug stunting untuk intervensi gizi sensitive dan specific serta pembentukan Rumah Desa Sehat (RDS) Desa Kumbang Kecamatan Masbagik 2019 bertempat di aula Kantor Desa Kumbang, Kamis, 29 Agustus 2019 yang dihadiri oleh Kepala Desa Kumbang dan jajarannya, Kepala Puskesmas Lendang Nangka, Bidan Desa, PLKB, Kader Posyandu, Ibu-ibu menyusui,  tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama Pendamping Desa serta unsur TPID Kecamatan Masbagik.

Stunting merupakan program prioritas pemerintah dari tingkat pusat sampai tingkat desa dengan tujuan untuk mempersiapkan generasi yang tangguh dan sehat sehingga butuh penanganan oleh semua lintas sektor. Acara tersebut langsung dibuka oleh Kepala Desa Kumbang M. Taufik. Taufik menjelaskan bahwa Pemerintah Desa Kumbang pada tahun 2019 ini sudah berkomitmen untuk mencegah dan menangani masalah stunting yang ada di Desa Kumbang dengan menggelontorkan  dana sebersar Rp. 112.000.000 disamping menangani stunting Pemerintah Desa Kumbang juga berkomitmen mejadikan Desa Kumbang menjadi Desa ODF.

hadir dalam kesempatan tersebut Munawir Haris (Pendamping Desa) selaku narasumber menjelaskan tentang stunting. Secara definisi, Stunting adalah gagal tumbuh yang disebabkan karena kekurangan gizi kronis yang disebabkan karena asupan makanan/pola makan yang tidak memadai dank arena factor penyakit sehingga menyebabkan pertumbuhan yang lambat, kecerdasan yang kurang serta berdampak pada perekonomian diantaranya kalah bersaing dalam memasuki dunia kerja, maka dibutuhkan penanganan stunting mulai dari 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) serta penanganan secara spesifik dan sensitive.

Dalam percepatan pencegahan stunting secara konvergensi melalui pembentukan Rumah Desa Sehat (RDS) yang merupakan secretariat  bersama untuk percepatan pencegahan stunting di desa. RDS akan melaksanakan semua program kerja yang telah dibuat oleh pengurus harian RDS sesuai SK yang ditetapkan oleh desa.

Pencegahan dan Penanganan stunting dibutuhkan kerjasama dengan semua elemen masyarakat, untuk itu maka Pemerintah Desa Kumbang memberikan dukungan dana dari anggaran Dana Desa sebesar  Rp. 112.000.000,- untuk pencegahan dan penanganan stunting tahun 2019 dan dana tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Desa Kumbang secara simbolis kepada Kader Pembangunan Manusia (KPM) yang sudah di SK Kan yakni saudari Siti Soleha.

Dengan terbentuknya RDS maka diharapkan dapat membangun komitmen bersama untuk penanganan dan pencegahan stunting sehingga generasi bangsa Indonesia bisa tumbuh Sehat dan cerdas.

CEGAH STUNTING ITU PENTING.(SRI WAHYUNI)

 

About Hamdi 257 Articles
Kaur Pemerintahan Pada Kantor Desa Kumbang

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.


*