Peran BKD dalam Menciptakan Ketertiban dan Keamanan Lingkungan

Kabar Desa

http://kumbang.desa.id Pada saat ini tingkat kriminalitas sangat menggangu ketertiban dan keamanan masyarakat. peran serta BKD akan sangat berarti dalam mewujudkan kondisi yang aman dan nyaman dalam masyarakat. Selain itu peran dan kewajiban BKD dan Masyarakat dalam membuat situasi aman dan nyaman juga sudah tercantum dalam batang tubuh UUD 1945 yaitu kewajiban mereka sebagai Warga Negara seperti yang telah di atur pada Kedua Bab XII Pasal 30 :

  1. Tiap-tiap Warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.
  2. Untuk pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagai kekuatan utama, dan rakyat, sebagai kekuatan pendukung.

Sehubungan dengan hal tersebut berdasarkan Undang-Undang No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, dalam Pertimbangan huruf B ditegaskan “Bahwa pemeliharaan keamanan dalam negeri melalui upaya penyelenggaraan fungsi Kepolisian yang meliputi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia selaku alat negara yang dibantu oleh masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Warga Negara memiliki kewajiban dalam menciptakan ketertiban dan keamanan di lingkungan masyarakat seperti yang telah di atur pada UUD 1945 yang menyatakan bahwa:

Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagai kekuatan utama, dan rakyat, sebagai kekuatan pendukung.

Tentara Nasional Indonesia terdiri atas Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara sebagai alat negara bertugas mempertahankan, melindungi, dan memelihara keutuhan dan kedaulatan negara.

Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum.

Susunan dan kedudukan Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, hubungan kewenangan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia di dalam menjalankan tugasnya, syarat-syarat keikutsertaan warga negara dalam usaha pertahanan dan keamanan negara, serta hal-hal yang terkait dengan pertahanan dan keamanan diatur dengan undang-undang.

Terkait dengan hal tersebut Pemerintah Desa Kumbang pada bulan Juli 2019 telah melantik dan mengukuhkan Badan Keamanan Desa yang ada di Desa Kumbang Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur. Sebanyak 20 orang anggota BKD yang ada diwilayah Desa Kumbang saat ini kalau dilihat dari fungsi dan tugasnya sebagai BKD belum berjalan secara maksimal. Apakah ini dikarenakan belum memahami tugas dan fungsinya sebagai anggota BKD atau kurangnya Koordinasi bersama dengan Pemerintah Desa.

Pemerintah Desa Kumbang sendiri akan memberikan Insentif kepada BKD apabila BKD yang sudah dibentuk menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan Tupoksi yang ada. Selain itu kedepannya BKD yang ada di Desa Kumbang juga akan dirampingkan demi koordinasi yang lancer dan menjalankan tupoksi dengan baik. Karena diketahui sendiri anggota BKD yang ada saat ini banyak yang rangkap jabatan baik menjadi RT maupun LPM yang ada di wilayah Desa Kumbang sendiri.

Selain Pemerintah Desa Kumbang Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga siap membina BKD yang ada di Desa Kumbang untuk menjalankan tugas dan funsginya sesuai dengan aturan dan peraturan yang telah dibuat bersama.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan