Jelang Dilantik, Anggota MPR RI Ikuti Pembekalan Empat Pilar Kebangsaan

Kabar Desa

SELAPARANG TV CO- Bulan Oktober ini, Anggota  Dewan Perwakilan Rakyat  (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terpilih masa jabatan 2019–2024, akan dilantik menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Anggota MPR, sebelum dilantik, mengikuti pembekalan Empat Pilar MPR di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen di Jakarta, Sabtu malam (28/9). Ketua MPR Zulkifli Hasan, mengucapkan selamat kepada anggota DPR dan DPD sekaligus anggota MPR terpilih untuk masa jabatan 2019–2024. Ia mengatakan, pembekalan Empat Pilar MPR, menjadi momentum untuk mengemban amanah rakyat dan cita-cita konstitusi sebagai wakil rakyat dan wakil daerah. MPR saat ini, adalah lembaga perwakilan sekaligus lembaga demokrasi yang mengemban aspirasi rakyat dan daerah dan bertanggung jawab mewujudkan demokrasi konstitusional.

Rencananya, MPR akan menggelar Sidang Paripurna MPR Awal Masa Jabatan 2019 – 2024 pada Selasa, 1 Oktober 2019. Sidang paripurna ini dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pokok-pokok agenda dalam Sidang Paripurna Awal Masa Jabatan 2019 – 2024. Agenda sidang paripurna adalah pelantikan anggota DPR 2019 – 2024, pelantikan anggota DPD 2019 – 2024, dan pelantikan anggota MPR 2019 – 2024. Pelantikan dan pengucapan sumpah janji dilakukan di depan Ketua Mahkamah Agung.

Sebelum pelantikan dan pengucapan sumpah janji anggota baru terlebih dahulu diumumkan pimpinan sementara sidang untuk DPR, DPD, dan MPR. Pimpinan sementara sidang paripurna MPR adalah anggota tertua dan termuda.  Dalam sidang paripurna MPR itu, akan diserahkan memori dari Pimpinan MPR periode 2014 – 2019. Memori itu diantaranya berisi rancangan peraturan Tata Tertib MPR dan rekomendasi MPR periode 2014 – 2019 kepada MPR periode 2019 – 2024.

Setelah pelantikan anggota MPR, akan diikuti sidang paripurna MPR berikutnya untuk pemilihan pimpinan MPR dan alat kelengkapan majelis. Dan akan berlanjut pada agenda berikutnya yaitu Sidang Paripurna MPR Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019.

Seperti sudah terangkan bahwa anggota perwakilan NTB baik dari DPR RI dan DPD RI adalah

Nama Anggota DPR RI terpilih Dapil NTB I (P. Sumbawa) :

1) H.Zainul Arifin (Gerindra)

2) H.Johan Rosihan (PKS)

3) H.Safrudin,ST (PAN)

Nama Anggota DPR RI Terpilih Dapil NTB II (P.Lombok) :

1) H.Bambang Kristiono (Gerindra)

2) Hj.Sari yuliati (Golkar)

3) H. Rahmat Hidayat (PDIP)

4) H.Samsul Lutfi (Nasdem)

5) Suryadi Jaya Purnama (PKS)

6) H.Helmi Faisal Zaini (PKB)

7) H.Nanang Samudra (Demokrat)

8) Hj. wartiah (PPP)

Nama nama Anggota DPD RI Provinsi NTB :

1) Evi Apita Maya

2) H.Achmad Sukisman Azmy.

3) TGH.Ibnu Khalil

4) TGH.Suhaimi Ismi

Sumber:SelaparangTV

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan