mataraminside.com

Pelayanan Posyandu Keluarga di NTB Diperkuat dengan Teknelogi Digital

Kabar Desa Lingkungan Pemerintahan

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik), menyiapkan dukungan teknologi berupa sebuah Sistem Informasi Posyandu (SIP) berbasis laman daring.

Situs ini selain digunakan sebagai pelaporan rutin administrasi Posyandu, juga menjelma sebagai bank data. Dimana, menu yang tersedia dalam aplikasi SIP nantinya diharapkan dapat mencakup seluruh kebutuhan. Baik bagi masyarakat maupun pengambil kebijakan bidang kesehatan.

“Kita akan Menuntaskan pembangunan sebuah sistem informasi yang dapat memudahkan dan mengakomodir seluruh data dan informasi yang dibutuhkan dalam proses layanan maupun pengembangan kegiatan di posyandu keluarga,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi NTB, Gde Putu Aryadi di Mataram, Senin (21/10).

Aryadi menambahkan, aplikasi tersebut tidak hanya untuk pelaporan. Tetapi didalamnya terdapat 4  model data dan informasi tentang program kegiatan posyandu.  Pertama, Posyandu KIA diantaranya mencakup Bina keluarga balita (BKB), kelas stunting, kelas ibu hamil dan lain-lain. Kedua, Posbindu yaitu mencakup zero waste, kebencanaan dan deteksi dini. Ketiga, Posyandu lansia mencakup pelayanan kesehatan dan deteksi dini.

“Keempat Posyandu Remaja mencakup PUP (pendewasaan Usia Perkawinan) , Bahaya narkoba dan berbagai permasalahan remaja lainnya,” ujarnya.

Sumber:Mataraminside

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan