Pelatihan Pengelolaan BUMDesa”AMANAH” Desa Kumbang

Pelatihan Pengelolaan BUMDesa

http://kumbang.desa,id bertempat di Aula lantai II Kantor Desa Kumbang Rabu, 13 November 2019 diselenggarakan pelatihan Pengelolaan BUMDesa dengan tema Peningkatan Sumber Daya Manusia pengelola Badan Usaha Milik Desa yg dilaksanakan selama 2 hari yakni mulai tanggal 13 s/d 14 November 2019
Adapun rangkaian acara sbb :
1. Pembukan
2. Sambutan oleh Kepala Desa Kumbang
3. Materi dan Diskusi
4. Penutup

                            Kepala Desa Kumbang M.Taufik dan Kasi Bumdes DPMD Nunuk S. SP

dalam sambutannya Kepala Desa Kumbang M. Taufik memberikan apresiasi yang tinggi kepada pengurus BUMDesa “AMANAH” Desa Kumbang karena telah membantu perekonomian masyarakat baik melalui program simpan pinjam dan program lainnya. Taufik juga mengingatkan suluruh pengurus BUMDesa yang saat ini mengikuti pelatihan pengelolaan SDM BUMDesa untuk mengikuti pelatihan dengan serius dan memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya untuk bertanya kepada para Narasumber yang ahli di bidangnya sehingga nantinya out-put yang dihasilkan bisa diaplikasikan dalam kegiatan sehari-harinya diBUMDesa “AMANAH” Desa Kumbang. Selain memberikan sambutan Kepala Desa Kumbang M.Taufik juga langsung membuka acara tersebut.

Materi  1 tentang Membangun BUMDes dengan Narasumber  Nunuk Susiningtias, S. IP ( Kasi BUMDes DPMD Kab Lombok Timur )
Adapun Poin-poin yg di sampaikan dalam materi tersebut adalah :

  1. berkaitan dgn dasar hukum yg memperkuat dalam pembangunan BUMDes sudah seharusnya mengacu pada Perdes yg telah disusun oleh Pemerintahan Desa.
  2. Dalam hal struktur kelembagaan yg ada didalam BUMDes mengacu pada Perdes yg tlah di tetapkan pemerintahan desa kumbang baik dalam hal Unit usaha yg di bentuk BUMDes sehingga klasifikasi usaha yg di jalankan harus sdh sesuai dengan aturan. Klasifikasi Jenis usaha Bumdes antara lain sbb :
    • Unit Pelayanan Umum meliputi : PAMDes, Usaha listrik desa, lumbung pangan, sumberdaya lokal & TTG
    • Unit Penyewaan meliputi : alat transportasi, perkakas pesta, gedung pertemuan, toko, tanah milik BUMDesa
    • Unit Perantara (Broker) meliputi : Jasa pembayaran listrik, pasar desa, jasa pelayanan lainnya
    • Unit Perdagangan meliputi : Pabrik es, pabrik asap cair, hasil pertanian, sarana hasil produksi, sumur bekas tambang,
    • Unit Financial Meliputi : Akses kredit, Peminjaman
    • Unit Usaha bersama Meliputi : Desa wisata

Materi ke II tentang Sistem Informasi Akuntansi ( SIA) BUMDesa  yang disampaikan oleh Sdr Wawan Penyajian materi lebih kepada praktik software SIA BUMDes Mulai dari instalasi aplikasi SIA BUMDes Sampai pada simulasi input transaksi pada Software SIA BUMDes dan ini hanya bersifat pendalaman saja karena sudah diperkenalkan sebelumnya pada pelatihan yang diadakan oleh DPMD Provinsi NTB beberapa waktu yang lalu.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.


*