Tahun 2020, Pemkab Lotim Target Pertumbuhan Ekonomi sebesar 6,35 %

Sumber SelaparangTV.co.id
Wakil Bupati Lombok Timur

http://kumbang.desa.id Wakil Bupati Lombok H. Rumaksi SJ, SH hadir dalam Rapat Paripurna VII Masa Sidang I Rapat ke-4 DPRD Kabupaten Lombok Timur dalam rangka Penetapan Keputusan Dewan terhadap Raperda APBD tahun anggaran 2020 bertempat di Ruang Rapat Utama DPRD Lombok Timur. Hadir dalam acara tersebut Pimpinan DPRD,Fokopimda Lombok Timur dan 36Anggota Dewan dan Kepala OPD LombokTimur, Selasa (26/11)

Acara ini didahului oleh penyampaian Laporan Gabungan Komisi oleh Ketua DPRD, dalam laporannya Target Pendapatan Daerah yang telah ditetapkan pada Tahun Anggaran 2020 ini adalah sebesar 2 Triliyun 730 Milyar 449 Juta rupiah atau bertambah 6 Milyar rupiah sedangkan Perencanaan Belanja Daerah ditetapkan pada Tahun Anggaran 2020 ini adalah sebesar Rp.2 Triliyun 796 Milyar 650 Juta Rupiah dan Pembiayaan Daerah pada Tahun Anggaran 2020 ini adalah sebesar 66 Milyar 201 Juta Rupiah.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang sudah dibahas antara Pemerintah Daerah dengan DPRD merupakan Instrumen Kebijakan Yang Digunakan Sebagai Alat Untuk Meningkatkan Pelayanan Umum dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Lombok Timur. Oleh karena itu Pemerintah Daerah Hendaknya Memanfaatkan APBD TA. 2020 ini secara efektif dan efisien guna mendorong tercapainya target Pertumbuhan Ekonomi, Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia dan Penurunan Angka Kemiskinan Di Kabupaten Lombok Timur, Sekaligus Dalam Rangka Mewujudkan Visi Kabupaten Lombok Timur Yang Adil Sejahtera Dan Aman.

Target Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Lombok Timur pada Tahun 2020 adalah sebesar 6,35%. Gabungan Komisi menganggap bahwa target tersebut sudah sangat logis karena lebih tinggi dari target nasional dalam APBN Tahun 2020 yaitu sebesar 5,3%. Penyusunan APBD Kabupaten Lombok Timur Tahun Anggaran 2020 mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggarn 2020. Didalam Peraturan tersebut Pemerintah Daerah dituntut untuk mensingkronkan program yang ditetapkan di dalam APBD dengan Program Nasional yang focus pada 5 (lima) prioritas Pembangunan Nasional yaitu Pembangunan Sumber Daya Manusia, Infrastruktur dan Pemerataan Wilayah, Nilai Tambah Sektor Riil,
Industrilisasi dan Kesempatan Kerja,Ketahanan Pangan, Air, Energi dan Lingkungan Hidup, dan Stabilitas Pertahanan dan Keamanan.

Mantan Politisi Udayana ini dalam penyampaian pendapat akhir kepala daerah, beliau mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD yang telah memberikan persetujuannya terhadap penetapan atas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020 sudah tepat waktu sesuai ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Umum Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2020, sehingga diharapkan pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat dapat segera dilakukan.

“Rancangan APBD Kabupaten LombokTimur Tahun Anggaran 2020 telah melalui beberapa proses tahapan, dan patut kita bersyukur bahwa dengan hasil kerja keras bersama, kita telah dapat menyelesaikan tahapan akhir dari pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun anggaran 2020 yang telah disetujuinya rancangan APBD Tahun Anggaran 2020 yang menyelesaikan tahapan akhir dari pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun anggaran 2020 yang telah disetujuinya rancangan APBD Tahun Anggaran 2020 yang menjadi Peraturan Daerah walaupun masih ada beberapa catatan dan saran untuk mendapat perhatian kita semua.” ucapnya

Disisi lain dapat dipahami bahwa pemikiran, saran, pandangan, dan pendapat yang berbeda, tidak lain merupakan dorongan pemikiran untuk mencapai arah dan sasaran yang terbaik sehingga hasil yang dicapai mempunyai makna yang lebih berkualitas.

Lanjutnya saran dan pendapat yang bersifat membangun serta memberikan dorongan terhadap berbagai kegiatan untuk keberhasilan bersama telah diinventarisir guna ditindak lanjuti berdasarkan kualifikasinya. Sedangkan catatan-catatan penting yang perlu ditindak lanjuti dalam bentuk perumusan kebijakan publik hendaknya menjadi perhatian bersama untuk implementasi pada tahun-tahun mendatang

Sumber : http://selaparangtv.id

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan