Sosialisasi. Penapisan Ibu Hamil Resiko Tinggi

Foto Bersama Kepala Desa, Narasumber, Bidan Desa dan Ibu Hamil

http://kumbang.desa.id bertempat diaula kantor Desa Kumbang, kamis,  28 November 2019 diselenggarakan sosialisasi Penapisan Ibu Hamil Resiko Tinggi. kegiatan ini berlansung selama satu hari dan diikuti oleh lima puluh orang lebih Ibu hamil yang ada diwilayah Desa Kumbang Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur.

Adapun rangkaian acara sbb :

  1. Pembukaan
  2. Sambutan kepala Desa Kumbang
  3. Materi dan
  4. Diskusi / Tanya Jawab

Adapun sambutan  di sampaikan langsun oleh Kepala Desa Kumbang M. Taufik kaitanya dgn amanah UU atas perlindungan dan kesehatan masyarakat serta sesuai dgn instruksi presiden, kepala Daerah, Dinas Kesehatan masyarakat khususnya kesehatan ibu hamil.  Oleh sebab itu kami ( Pemerintah Desa ) sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah Pusat untuk lebih meningkatkan kesehatan terhadap Anak dan Ibu Hamil.

selanjutnya Materi I mengenai Penapisan Ibu Hamil Resiko Tinggi yg di sampaikan oleh  Nurhayati, Amd.Keb. Membahas mengenai beberapa hal diantaranya :

– Tanda bahaya/resiko tinggo pada kehamilan dan persalinan resiko tinggi pada ibu hamil

– Permasalahan KIA Khususnya di desa kumbang

– Penapisan Pada Kehamilan dan Persalinan

Lanjut ke  Materi II yg dalam hal ini disampaikan oleh Olivia Sandra Purnama,  Amd.Gz Membahas mengenai Gizi seimbang bagi wanita hamil dan menyusui.

Dengan merencanakan makan makanan bintang 4

– Makanan Pokok

– Kacang-kacangan

– Makan kaya zat besi bersumber hewani

– Buah-buahan yg mengandung Vit. A dan sayur-sayuran

           Para Peserta Sosialisasi BUMIL Resiko Tinggi

setelah pemaparan materi oleh dua orang narasumber selanjunta kepada para peserta diberikan waktu untuk melakukan pertanyaan terkait dengan kehamilan dan resikonya. para peserta sendiri mengaku senang ketika diundang oleh Pemerintah Desa dalam hal kegiatan tersebut dan merasa diperhatikan oleh Desa sendiri. Dimana para ibu hamil dan anak-anakn dibawah lima tahun untuk tahun 2019 ini juga diberikan PMT dan asupan gizi hal tersebut dimaksudkan juga untuk mencegah Stunting kedepannya.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply