ADVOKASI KEBIJAKAN PRIORITAS PEMANFAATAN DANA DESA UNTUK KESEHATAN

Galery Desa Kumbang

Bertempat di Lesehan Bale Begibung Kelayu-Selong Senin 16 Desember 2019 Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur mengadakan pertemuan Advokasi Kebijakan Prioritas Dana Desa untuk Kesehatan dikabupaten Lombok Timur. Menurut laporan panita yang berhasil kami himpun bahwa kegiatan Advokasi Kebijakan Prioritas Dana Desa untuk Kesehatan dikabupaten Lombok Timur yang saat ini dilaksanakan adalah kegiatan yang ketiga kalinya selama tahun 2019 ini, maksud dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah membuat komitmen bersama terkait dengan pemanfaatn Dana Desa yang diterima oleh Desa khususnya yang menyangkut masalah kesehatan. Adapun jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan ini adalah sebanyak 20 orang dan dai berbagai unsur pemerinahan yang ada di Kabupaten Lombok Timur diantaranya dari Bapeda. DPMD. Biro Hukum. Dinas Sosial. Promkes Dikes dan perwakolan 10 Desa yang ada di Lombok Timur.

acara tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur. Dalam sambutannya sekretaris dinas kesehatan mengatakan bahwa Kabupaten Lombok Timur salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Barat yang mempunyai penduduk paling banyak dan hal tersebut berdampak pada masing tingginya angka kematian Ibu, angka kematian bayi dan angka stunting yang saat ini mejadi perhatian khusus Pemerintah Pusat sampai dengan Pemerintah daerah bahkan pemerintah Desa. Sekretaris dinas juga mengatakan bahwa masalah kesehatan bukan hanya menjadi perhatian Dinas Kesehatan saja dalam hal ini masalah kesehatan adalah masalah kita semua dan tanggung jawab kita bersama. dari segi kualitas pelayanan kesehatan dikabupaten Lombok Timur sampai saat ini lebih dari cukup akses pelayanan sampai saat ini sudah mencukupi dimana sudah terbangun 34 Puskesmas dari 40 target yang direncakan ditambah dengan Poskesdes dan polindes yang ada dimasing-masing Desa.

selain itu sekretaris dinas kesehatan kabupaten lombok timur juga menambahkan bahwa salah satu keberanian pemerintah Kabupaten Lombok Timur adalah diberlakukannya bagi semua Puskesmas yang ada dikabupaen Lombok Timur untuk melakukan rawat inap di Republik Indonesia sendiri hanya kabupaten Lombok Timurlah yang berani melakukan hal tersebut dimana pasien bisa diinapkan di PKM selain Lombok Timur PKM yang ada hanya melakukan rawat jalan imbuhnya.

hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang Keuangan Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa HJ. Martaniati dan perwakilan dari Dinas Provinsi Nusa tennggara Barat.

( hamdi )

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply