PENANGANAN ZERO WASTE DI DESA KUMBANG BERSAMA KKN UNRAM

http://kumbang.desa.id  Kedatangan Mahasiswa Universitas Mataram (Unram) di Desa Kumbang, Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur memberikan warna tersendiri bagi desa setempat.

Para Mahasiswa dan Mahasiswi yang akan mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dimulai dari tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan 6 Februari 2020 ini diharapkan bisa membantu Desa Kumbang dalam berbagai sector khususnya tentang penangan sampah.

Kepala Desa Kumbang M.Taufik berharap agar nantinya Mahasiwa KKN yang dinilai memiliki ilmu pengetahuan dapat membantu mewujudkan Desa Kumbang lebih berkembang. “Mahasiswa adalah generasi milenial yang punya banyak pengetahuan dan selalu ingin perubahan baik pada sistem pemerintahan , pengembangan Desa untuk ekonomi masyarakat dan Informasi Desa,” kata M. Taufik.

Sebelumnya, program yang pernah dilaksanakan oleh para mahasiswa. Mereka diantaranya menggelar pertemuan terkait dengan bahaya Narkotika, Pencegahan Penyakit menular dll. Termasuk mengembangkan produksi jamur tiram karena di Desa Kumbang sendiri banyak masyarakat yang menjadi pengusaha kayu dan somil sehingga serbuk gergaji yang dihasilkan cukup banyak dan sia-sia.

Selain kepala Desa Kumbang hadir pada kesempatan tersebut Kasi pemerintahan pada kantor Desa Kumbang dan ikut memberikan masukan yang nantinya akan dimasukkan dalam kalender kegiatan dan Program Kerja KKN Tematik Unram selama berkuliah kerja nyata di Desa Kumbang. Kasi Pem meminta kepada seluruh anggota KKN untuk membuat Profil Desa berbasis Vidio sehingga nantinya bisa ditonton oleh masyarakat luas dan akan dimasukkan kedalam chanel Youtube Desa.

Kehadiran Mahasiswa Unram, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengoptimalisasi dan memberdayakan potensi yang ada. Diantaranya, penanaman bibit pohon untuk penghijauan dan memberikan pendidikan tentang pengelolahan sampah dan lingkungan kepada masyarakat dan pelajar yang ada desa kumbang. (Hamdi)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply