Pemdes Kumbang Salurkan BLT Dana Desa Periode II

Pendistribusian BLT-DD Periode II

http://kumbang.desa.id Pemerintah Desa( Pemdes) Kumbang sekitar pukul 09.40 wita menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Periode ke II ( Juli-Agustus-September) Tahun Anggaran 2020 kepada warga Kumbang yang berlangsung di kantor Desa Kumbang, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur.Nusa Tenggara Barat. Rabu (14/10/2020).

Sebelum Dana Bantuan langsung tunai dibagikan kepada warga Kepala Desa Kumbang M. Taufik  mengingatkan kepada warganya,bahwa bantuan ini merupakan bantuan pandemi wabah Covid-19, ini sebagai kepedulian pemerintah untuk membantu warga dalam kondisi wabah Corona Covid19.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Kumbang M. Taufik. Kasi Kesra Kecamatan Masbagik. Sekretaris Desa Ahmad Julianto.  Bhabinkamtibmas, Tokoh masyarakat, Kepala Dusun , ketua RT, Kader dan Keluarga Penerima Manfaat BLT-DD.

Kepala Desa Kumbang Taufik mengatakan,dalam menyalurkan Bantuan Sosial Berupa Bantuan Langsung Tunai seperti yang diinstruksikan oleh Pusat kepada masyarakat yang belum tersentuh bantuan melalui anggaran Dana Desa antara 20-30 porsen dari nilai Dana Desa dengan nilai bantuan Lanjutan sebesar Rp 300.000/ bulan / KK selama tiga bulan kedepan.

” Di masa pandemi wabah Covid-19 Semoga bantuan langsung tunai ini bisa bermanfaat bagi masyarakat semua,dan dana BLT ini kemungkinan akan diperpanjang di Tahun 2021 sambil menunggu surat edaran resmi dari kementrian kuangan dan peraturan Bupati Lombok Timur” Terang kepala Desa.

Taufik menambahkan, dana bantuan sosial BLT Dana Desa merupakan hak kewajibanya warga yang mendapatkan, yang sudah sesuai dengan prosedur.Tapi kewajibannya sebagai warga juga harus mengikuti aturan pemerintah, Seperti ada gotong royong dan kegiatan lainnya.

“Terimakasih kepada pemerintah pusat, pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Daerah, yang sudah membantu warga kami di Desa Kumbang dalam pandemi covid-19. Bantuan Sosial baik langsung Tunai dan Berupa Sembako dan lainnya.”Ucap Taufik.

“Pembagian dana BLT Periode pertama Sekitar 257 kepala keluarga,melalui verifikasi kembali oleh Kawil , RT Kader dan unsur Desa Lainnya yang sudah ditunjuk oleh Kepala Desa Kumbang dalam hal pendataan dan pengentrian. Dan dalam perjalanannya pada tahap kedua dan ketiga diperiode pertama mengalami perubahan KPM dikarenakan KPM yang ada namanya mendapatkan bantuan di Bantuan Sosial Tunai Pusat (BST) kemensos RI dan hal ini tidak mengubah Jumlah KPM hanya saja ada pergantian dari KPM sebelumnya ke KPM Baru.

Adapun Dana Desa yang terpakai untuk untuk menyalurkan BLT-DD di Tahap I Sebesar Rp. 462.600.000,-  yang disalurkan selama tiga bulan yakni bulan April-Mei dan Juni. Selanjutnya pada bulan Juli-Agustus & September diperpanjang lagi namun dengan jumlah yang berbeda yakni Rp 300.000 per KPM dimana pada periode yang ke II ini anggaran Dana Desa yang digunakan untuk BLT-DD sebesar Rp. 231.300.000 sehingga Total Dana Desa yang dipakai untuk pendistribusian BLT-DD menghabiskan anggaran sebesar Rp. 693.900.000,-.

(Hamdi)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply