Pemkab Lombok Timur Mengadakan Lokakarya Penguatan SID

Lokakarya Penguatan Sistem Informasi Desa di Kabupaten Lombok Timur

http://kumbang.desa.id bertempat di Ruang Rapat Dinas Ketahanan Pangan Blok B Lantai IV Kantor Bupati Lombok Timur. Pemerintah Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas PMD Kabupaten Lombok Timur bekerjasama dengan KOMPAK NTB menggelar kegiatan Lokakarya Penguatan Kapasitas Sistem Informasi Desa di Kabupaten Lombok Timur dengan peningkatan kapasitas Forum SID (FORSID) dan operator SID di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Aikmel, Lenek dan Terara, pada Senin Pagi (22/11).

kegiatn tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lombok Timur, M. Hairi yang sekaligus menjadi narasumber dengan materi tentang kebijakan dan strategi Pemda Kabupaten Lombok Timur tentang pengelolaan Sistem Informasi Desa. Hairi memaparkan bahwa SID yang memuat data informasi Desa sangat berperan penting untuk mendukung kelancaran tugas Pemerintahan desa baik itu dari sisi administrasi maupun data-data yang akan mendukung proses pembangunan serta kebutuhan administrasi lainnya.

Untuk itu berbagai upaya dan strategi telah dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur untuk mendukung Sistem Informasi Desa diantaranya dengan mengeluarkan Peraturan Bupati Lombok Timur No. 21 tahun 2021 tentang SID serta peningkatan kapasitas SDM pengelola SID di Desa yang ada di Kabupaten Lombok Timur Khsusnya.

Apresiasi juga disampaikan kepada lembaga KOMPAK yang selama ini telah banyak membantu dan memfasilitasi sejumlah kegiatan dalam upaya peningkatan pelayanan di desa maupun kecamatan khususnya terkait Sistem Informasi Desa (SID).

Kegiatan ini sendiri berlangsung selama 3 hari tanggal mulai  22 s/d 24 November dengan menghadirkan pengurus dan anggota FORSID pada hari pertama, Operator Kecamatan Aikmel dan Lenek di hari kedua serta Operator SID Kecamatan Terara di hari ketiga yang merupakan 3 wilayah binaan KOMPAK dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

    Peserta Lokakarya Penguatan Sistem Informasi Desa di Kabupaten Lombok Timur

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan