DEMONSTRASI PEMBUATAN PRODUK BASRENG DAN BUBUK CABAI, SERTA PENGGUNAAN MESIN NOODLE MAKER OLEH TIM KKN TEMATIK UNRAM 2022.

Pelatihan Basreng Untuk Masyarakat

http://kumbang.desa.id Dusun Sangiang- Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Januari 2022 berlokasi di Aula Yayasan SDI ANNUR SEJATI. Kegiatan tersebut dihadiri oleh masyarakat Desa Kumbang dengan begitu antusias.

Diawali dengan sambutan oleh Ketua KKN Tematik (sdr. Irfan), yang menyampaikan harapannya dengan adanya kegiatan tersebut, produksi basreng dan bubuk cabai dapat dilanjutkan seterusnya sebagai ikon dan mata pencaharian masyarakat desa tersebut. Dilanjutkan dengan perkenalan seluruh anggota KKN yang berjumlah 11 orang tersebut.

Pada pkl. 17:00 , kegiatan inti dimulai, dari proses pembuatan bubuk cabai yang dikoordinir oleh Sdr. Naim dan Kiki, proses pembuatan yang sangat mudah dan efisien dalam waktu, membuat masyarakat begitu antusias dan beberapa masyarakat khususnya ibu-ibu memberikan beberapa pertanyan terkait “Berapa lama bertahan cabai bubuk ini?, Apa bubuk cabainya tidak perlu dimasak dulu?” dan pertanyaan tersebut dijawab dengan baik oleh tim KKN dan memberikan pemahaman yang lebih kepada masyarakat terkait bubuk cabai.

Setelah pembuatan bubuk cabai, dilanjutkan dengan pembuatan basreng (cemilan bakso goreng) yang dikoordinir oleh Sdr. Putri, Dera dan Priska. Dari proses membuat dan membentuk adonan, menggorengan dan mengemas basreng yang sudah jadi. Masyarakat setempat juga bukan hanya memperhatikan, melainkan ikut serta dalam proses pembuatannya.

Kegiatan terakhir yaitu memberikan contoh cara penggunaan mesin noodle maker yang merupakan alat pembuatan pasta dari kantor desa, yang di demokan oleh Sdr. Irfan dan Ila. Seluruh kegiatan berjalan dengan lancar dan sesuai yang direncanakan. Diakhir kegiatan, produk-produk yang sudah jadi dibagikan kepada masyarakat yang datang dan juga diadakan foto bersama sebagai kenang-kenangan.

Penulis: Sdr. Priska Lingking

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan