Tugas Fungsi PPID Kumbang

Tugas dan Fungsi
TUGAS, FUNGSI DAN WEWENANG PPID
Tugas Atasan PPID :
a. Menerima keberatan atau penolakan dari permohonan informasi publik;
b. Memberikan tanggapan atas keberatan yang diajukan oleh pemohon informasi dalam jangka waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sejak diterimanya keberatan secara tertulis;
c. Sebagai perwakilan Badan Publik dalam sengketa informasi publik;
d. Memberikan persetujuan atas permohonan dan surat penetapan Daftar Informasi Publik dan Surat Penetapan Klasifikasi dari PPID Desa Kumbang;
e. Menyetujui usulan/pengajuan Daftar Informasi Publik yang bersifat informasi yang dikecualikan kepada PPID Desa Kumbang.

Tugas Ketua PPID :
a. Mengkoordinasikan penyusunan Daftar Informasi Publik yang dikuasai oleh Badan Publik Desa Kumbang;
b. Mengkoordinsikan pengumpulan seluruh informasi publik secara fisik dan non–fisik dari setiap Bagian dalam lingkup Desa Kumbang;
c. Mengkoordinasikan pendataan Informasi Publik yang dikuasai oleh setiap Bagian dalam lingkup Desa Kumbang untuk pembuatan dan pemuktahiran Daftar Informasi Publik;
d. Mengkoordinasikan penyusunan Daftar Informasi Publik yang dikuasai Badan Publik Desa Kumbang;
e. Melakukan verifikasi dan daftar usulan penetapan Daftar Informasi Publik yang dikuasai Badan Publik Desa Kumbang;
f. Mengkoordinasikan penyediaan dan pelayanan informasi publik melalui pengumuan, media elektronik (website www.kumbang.desa.id ) dan meja layanan informasi;
g. Mengkoordinasikan untuk mengumumkan informasi publik melalui pengumuan, media elektronik (website www. http://kumbang.desa.id/ppid/ ) dan meja layanan informasi sehingga dapat diakses oleh publik;
h. Mengkoordinasikan dan menetapkan pengklasifikasian informasi publik yang dikuasai Badan Publik Desa Kumbang;
i. Mengkoordinasikan dan membuat daftar usulan pengecualian informasi publik yang dikuasai Badan Publik Desa Kumbang;
j. Mengkoordinasikan dan menetapkan daftar usulan Daftar Informasi Publik yang dikuasai Badan Publik Desa Kumbang;
k. Mengkordinasikan pembuatan laporan PPID Desa Kumbang secara berkala.

Tugas Bidang Pengelola Informasi PPID :
a. Melakukan pengumpulan seluruh informasi publik secara fisik dan atau non fisik dari setiap Bagian dalam lingkup Desa Kumbang;
b. Melakukan pengumpulan dan penyusunan informasi seluruh kegiatan secara fisik dan atau non fisik dalam bentuk berita atau artikel dari setiap Bagian dalam lingkup Desa Kumbang;
c. Melakukan klasifikasi daftar informasi publik yang dikuasai Badan Publik Desa Kumbang;
d. Membuat usulan draf Daftar Informasi Publik yang dikuasai Badan Publik Desa Kumbang;
e. Menyediakan dokumen informasi publik yang diminta oleh pemohon informasi publik dalam jangka waktu yang telah ditentukan oleh undang–undang;
f. Mengumumkan informasi publik dan informasi kegiatan dari setiap Bagian dalam lingkup Desa Kumbang melalui media elektronik (website http://kumbang.desa.id/ppid/ ) dan media lainnya yang dapat diakses oleh publik.

Tugas Bidang Pendokumentasian dan Arsip PPID :
a. Melakukan pendataan terhadap dokumen dan arsip informasi publik yang dikuasai setiap Bagian lingkup Desa Kumbang;
b. Melakukan pendokumentasian dan pengarsipan informasi publik secara fisik dan non fisik dari setiap unsur informasi publik yang dikuasai Badan Publik Desa Kumbang;
c. Membuat draf Laporan PPID Desa Kumbang secara berkala.
 
Tugas Bidang Pelayanan Informasi PPID :
a. Menerima permohonan informasi melalui meja layanan informasi dan kemudian menyampaikannya kepada ketua PPID Desa Kumbang;
b. Melakukan pendataan permohonan informasi yang datang melalui meja informasi;
c. Memberikan Informasi Publik kepada pemohon informasi melalui meja informasi;
d. Memberikan pelayanan informasi sesuai dengan aturan yang berlaku;
e. Menerima keberatan secara tertulis atas penolakan informasi yang tidak terpenuhi secara tertulis dari pemohon informasi dan kemudian menyampaikannya kepada atasan PPID Desa Kumbang.
 
Fungsi PPID :
Pembinaan dan pengelolaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di lingkup Desa Kumbang.
Wewenang PPID :
a. Mengkoordinasikan setiap Bagian dalam lingkup Desa Kumbang dalam melaksanakan pelayanan pemenuhan informasi publik;
b. Meminta dan memperoleh informasi dari setiap Bagian dalam lingkup Desa Kumbang yang menjadi cakupan kerjanya;
c. Menentukan atau menetapkan suatu informasi dapat/tidaknya diakses oleh publik sesuai dengan peratuaran perundang–undangan;
d. Menolak memberikan informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang–undangan;
e. Menugaskan setiap Bagian dalam lingkup Desa Kumbang untuk membuat, mengumpulkan, serta memelihara informasi dan dokumentasi untuk kebutuhan organisasi dan pemenuhan terhadap kebutuhan permohonan informasi publik.