Sejarah Desa

Desa Kumbang, merupakan sebuah wilayah yang berada di wilayah Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Desa Kumbang ini mekar dari desa induk Danger pada tanggal 19 April 2010.

Setelah Desa Kumbang mekar, belum langsung berstatus defenitif. Hal ini dikarenakan adanya beberapa kendala administratif persyaratan desa yang masih belum lengkap. Untuk menjalankan roda pemerintahan dan adminstratif desa, ditunjuklah beberapa orang pegawai negeri sipil sebagai pejabat sementara hingga desa berubah status menjadi defenitif.

Setelah lebih dari dua tahun masa transisi, pada pertengahan 2012, beberapa tokoh masyarakat dan pemerintah desa memufakatkan untuk diselenggarakan pemilihan kepala desa segera, agar stabilitas pelayanan, pembangunan dan kesejahteraan masyarakat lebih baik lagi. Setelah fihak pejabat sementara pemerintah desa melakukan konsultasi ke pemerintah daerah dan kecamatan, maka disusunlah kepanitiaan pemilihan kepala desa pertama yang diagendakan berlangsung 28 Mei 2012.

Setelah diadakan pemilihan kepala desa yang diikuti oleh empat kandidat, panitia pemungutan suara pemilihan kepala desa Kumbang 2012 mengumumkan salah satu kandidat bernama Muhammad Taufik sebagai pemenang dengan total suara 40%. Setelah dilantik, kepala desa Muhammad Taufik mulai menjalankan roda pemerintahannya dengan dibantu beberapa staf atau kepala urusan yang ditunjuk berdasarkan hasil seleksi yang cukup ketat.

Semenjak menjabat sebagai kepala desa Kumbang yang pertama hasil pemilihan langsung, kepala desa bersama seluruh jajaran yang ada, melakukan berbagai persiapan, baik planning, program dan kegiatan yang dapat mendukung seluruh pembangunan disegala lini di Desa Kumbang.

Berikut daftar nama kepala desa Kumbang periode awal:

No Nama Kepala Desa Alamat Masa Jabatan Keterangan
1 Lalu NasRI Masbagik 2010-2012 Pjs Kepala Desa
2 Muhammad Taufik Bangket Daya 2012-2018 Kepala Desa Hasil Pemilihan Langsung
3 Muhammad TaufikKepala Desa Bangket Daya 2018-2024 Hasil Pemilihan Serentak

Sumber ( Hamdi_Kaur Pemerintahan)

Facebook Comments