• 04/12/2022 02:44

DESA KUMBANG RAIH NILAI ISTIMEWA, DALAM PENILAIAN DESA ANTI KORUPSI

Okt 5, 2022

Setelah sekian bulan melakukan pembinaan melalui monitoring dan evaluasi baik secara during maupun luring pasca dinobatkan sebagai 10 Desa percontohan Anti Korupsi di Indonesia. Hari ini Rabu 05/10 Desa Kumbang Kecamatan Masbagik kabupaten Lombok Timur mendapat kesempatan Keempat untuk dinilai guna memilih yang terbaik dari 10 Desa tersebut.

Bertempat di Aula Kantor Desa Kumbang, kegiatan yang diselenggarakan oleh KPK Republik Indonesia ini dihadiri oleh Direktur Direktorat Peran Serta Masyarakat KPK-RI  serta TIM Penilai, Kepala Desa, BPD, Perangkat Desa, Lembaga Desa, Kader Desa serta tokoh masyarakat.

Tim penilai berasal dari lintas kementerian yakni Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Inspektorat Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Inspektorat Kabupaten Lombok Timur dan penilain tahun ini mengusung tema “berawal dari des akita wujudkan Indonesia bebas korupsi”.

Kegiatan penilaian tersebut dibuka langsung oleh Direktur Direktorat Peran Serta Masyarakat KPK-RI Brigjen Pol Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi  SIK. SH. MM. MH dalam sambutannya Kumbul menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Desa Kumbang yang telah menerima kedatang TIM Penilai dengan begitu hangatnya dan disambut dengan kesenian Lokal yang ada di Desa tersebut dan dalam kesempatan tersebut Kumbul membacakan beberapa pantun untuk masyarakat Desa Kumbang Berangkat ke Desa Kumbang Lewat Jalan Darat, Sampai keujung Desa di sambut kesenian penuh Kreasi, Mari Bapak Ibu sama-sama kita bulatkan tekad, Untuk mewujudkan negeri bebas korupsi.

Dari hasil penilaian, Direktur Direktorat Peran Serta Masyarakat KPK-RI yakni Brigjen Pol Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi  SIK. SH. MM. MH mengumumkan secara langsung dihadapan kepala Desa dan seluruh undangan bahwa Desa Kumbang mendapatkan nilai 95 dengan kategori istimewa.

Kepala Desa Kumbang menyambut baik hasil yang telah diumumkan, serta memberikan apresiasi kepada Perangkat Desa dan seluruh Lembaga Desa yang telah bekerja keras dalam pemenuhan 5 indikator Desa Anti Korupsi.

Selanjutnya Kepala Desa Kumbang M. Taufik  juga mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah ikut mendukung serta bersinergi demi mewujudkan Desa Kumbang sebagai Desa Anti Korupsi.

“Kami sangat berbangga dengan hasil yang dicapai oleh Desa Kumbang. Terima kasih kepada Sekretaris Desa, Kasi, Kaur, Kawil dan unsur Lembaga Desa yang menjadi mitra kami mensukseskan Desa Kumbang sebagai Desa Anti Korupsi. Peran Masyarakat dan Lembaga lainnya sangat kami rasakan dari semenjak observasi pada bulan April lalu terus dilanjutkan pas saat Bimtek pada bulan juni sampai pada tahap penilaian sekarang ini.

Setelah penilaian ini Taufik juga berharap masyarakat Desa Kumbang untuk tetap melakukan pengawasan terhadap kinerja dan pelayanan dari Pemerintah Desa Kumbang. Serta dirinya menyampaikan agar masyarakat tidak ragu melakukan pengaduan jika ditemukan penyalahgunaan wewenang maupun indikasi korupsi dan sejenisnya jika terjadi di Desa. Salah satu TIM Penilai Azwan dari Kemendagri mengaku sangat kagum dan bangga dengan apa yang disajikan oleh Pemerintah Desa Kumbang hari ini. Namun, dirinya mengingatkan bahwa apa yang telah diperjuangkan ini merupakan landasan dasar bagi Desa Kumbang untuk menjadi lebih baik kedepan sebagai Desa Anti Korupsi. Dirinya juga mengungkapkan beberapa hal yang kurang dalam penilaian ini menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Desa Kumbang dan Masyarakat.