• 03/10/2022 23:06

Profil Umum Desa

  • Home
  • Profil Umum Desa

PETA DESA KUMBANG

Peta Umum Desa Kumbang


GAMBARAN UMUM DESA KUMBANG

Letak Geografis

Desa Kumbang merupakan salah satu dari 10 (Sepuluh) Desa di Kecamatan Masbagik yang memiliki luas : 222,71 Ha dengan keliling desa 172, 34 km, yang berlokasi 5 Km dari Ibu kota Kecamatan dan 13 Km dari Ibu kota Kabupaten dan 49 Km dari Ibukota Propinsi.

Adapun Desa Kumbang terletak antara 336 – 400 m di atas permukaan laut dengan batas – batas sebagai berikut :

  • Sebelah Utara              : Desa Kotaraja kec. Sikur
  • Sebelah Selatan           : Desa Danger Kec. Masbagik
  • Sebelah Timur             : Desa Lendang Nangka Kec. Masbagik
  • Sebelah Barat              : Desa Gelora Kec. Sikur

Dari luas wilayah Desa Kumbang yang 222,71 Ha dengan keliling desa 172, 34 km tersebut, Desa Kumbang terbagi menjadi enam wilayah yaitu :

  1. Dusun Kumbung Timur dengan Kepala Wilayah dijabat oleh SOPIAN HARIADI
  2. Dusun Kumbung Barat dengan Kepala Wilayah dijabat oleh MUHAMMAD SARJONO
  3. Dusun Bangket Daya dengan Kepala Wilayah dijabat oleh MAAD ADENAN
  4. Dusun Sangiang dengan Kepala Wilayah dijabat oleh SABARUDIN, S.Pd.I
  5. Dusun Kumbung Selatan dengan Kepala Wilayah dijabat oleh HAIRUL ANWAR. SP
  6. Dusun Batu Empas dengan Kepala Wilayah dijabat oleh SYAMSUL.

Kondisi Ekonomi Masyarakat.

Pertumbuhan Ekonomi di Desa Kumbang   relative lebih menurun dari tahun-tahun  yang lalu walaupun di dukung oleh sarana/prasaranaseperti Koprasi, Kelompok Tani, LKM, Usaha Ekonomi Produktif, UP2 K, Kelompok Kerja Kreatif, KID dan industri kerajinan lainya, karena sektor pertanian sebagai pendukung utama  mengalami kerugian dan berpengaruh pula terhadap sector usaha lainnya.

Dengan demikian perkembangan laju pertumbuhan perekonomian masyarakat agak tersendat sehingga cukup berpengaruh terhadap sektor-sektor  lain lebih-lebih masih banyaknya  keluarga miskin yang perlu mendapatkan perhatian lebih serius dari semua pihak.

Kondisi Kesehatan Masyarakat.

Kondisi kesehatan masyarakat secara umum dapat dikatakan sudah berangsur membaik dari tahun sebelumnya, hal ini berkat kerjasama semua unsur terkait baik formal maupun informal dan untuk lebih memberdayakan kesehatan masyarakat sebagai bagian dari program peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) telah dibentuk pula Tim Desa Siaga.

Potensi Sumber Daya Alam ( SDA )

Sebagaimana kita ketahui bahwa wilayah Desa Kumbang secara umum adalah Desa Agraris ( Pertanian ) yang dilihat dari aktifitas penduduk sehari – hari sebagian besar penduduknya bekerja pada sektor pertanian, buruh tani dan pedagang, yang mana jumlah KK miskin sesuai sasaran Raskin adalah 1025 KK dan data terbaru jumlah KK miskin sesuai dengan Review Program SDGS tahun 2021 sebanyak 1025 KK.

Potensi Ekonomi Desa Kumbang

Desa Kumbang merupakan daerah dataran tinggi yang sebagian besar penduduknya  mempunyai mata pencaharian dibidang pertanian. Tanaman yang paling utama dan potensial adalah padi, tembakau (palawija) hal ini merupakan tanaman andalan bagi masyarakat karena dilihat dari segi ekonomis harga padi dan tembakau dapat dikatakan mempunyai nilai jual yang cukup tinggi sehingga merupakan potensi unggulan dan mampu membawa masyarakat pada tingkat pertumbuhan yang cukup signifikan.

Potensi Sarana Sosial (Peribadatan)

Desa Kumbang adalah Desa yang mayoritas Masyarakatnya adalah Islam, dan setiap pertemuan dalam rangka membahas kebutuhan masyarakat baik  fisik maupun Non fisik lebih dominan di laksanakan di tempat ibadah yati masjid dan musholla yang tersebar di seluruh wilayah desa Kumbang

Bidang Pendidikan

Dilihat dari fasilitas yang ada di Kumbang hanya terdapat 2 buah sekolah dasar   negeri, 5 Buah sekolah taman kanak (Pendidikan Anak Usia Dini), 1 buah MTs, 2 Buah SMPI Terpadu, 2 buah SMK dan 1 buah MA sedangkan untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi masih belum ada.

Adapun kadaan masyarakat ditinjau dari segi pendidikan sebagaian besar berpendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Dari semua sekolah yang ada di Desa Kumbang dari TK, SD s/d SMA alhamdulillah selalu berjalan lancar, baik Negeri maupun yang swasta ini bisa di lihat dari segi kelulusan murid setiap tahunnya selalu maksimal atau tidak mengecewakan.  Tentunya ini semua bisa berjalan dengan baik karena adanya kerja sama baik dari Pemerintah Desa, Masyarakat maupun pihak terkait (DIKPORA).

Penyelenggaraan Administrasi Pemerintah Desa

Kumbang adalah salah satu  dari 10 Desa yang ada di kecamatan Masbagik dan merupakan Desa Mekar yang mana karena dengan kebijakan Bupati lombok Timur pada tahun 2011 dan tahun 2012 sudah mekar Dari Desa Danger. Desa Kumbang sampai sekarang ini sudah di pimpin oleh 2 Kepala Desa antara lain :

LL. NASRI (Pjs)  : Memimpin dari Agustus tahun 2011 s/d tahun 2012.

M. TAUFIK (dua periode) : Memimpin dari Juni tahun 2012 s/d saat ini.

Pelaksanaan Program Dan Kegiatan Pembangunan

Pelaksanaan tugas pemerintah Desa sangat tergantung pada sumber pendapatan asli desa sebagaimana di atur dalam APBDes setiapnya tahun yang meliputi :

  1. Pendapatan yang bersumber dari pemerintah (Pusat, Propinsi, dan Kabupaten)
  2. Pendapatan Asli Desa
  3. Lain-lain pendapatan yang sah

Dengan demikian jelaslah bahwa pelaksanaan program dan kegiatan di desa sangat tergantung dari pemberian dana dari program pemerintah berupa subsidi atau perimbangan keuangan yang mampu meningkatkan sumber pndapatan asli desa dan sangat di harapkan dapat mengimbangi anggaran belanja desa  yang terus meningkat.

Pelaksanaan Tugas dibidang Kemasyarakatan

Kegiatan pembinaan kemasyarakatan yang telah dilaksanakan pada sebagai berikut :

  • Peran aktif dalam kegiatan PKK;
  • Peran aktif dalam kegiatan kemasyarakatan/keagamaan;
  • Peran serta dalam Pengontrolan Kegiatan POSYANDU
  • Penyaluran beras raskin.

Dalam rangka peningkatan kwalitas pelayanan kepada masyarakat ada beberapa kendala yang perlu diperhatikan dan menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan pimpinan Pemerintahan yang lebih tinggi.

       Untuk mengatasi permasalah-permsalahan dalam penyelenggaraan kegiatan Pemerintahan, telah dilakukan bebrapa upaya agar permasalahan-permasalahan tersebut tidak menghambat kegiatan pelayanan kepada masyarakat anatara lain :

 –       Mengusahakan setiap pemecahan masalah dan gejolak yang terjadi di masyarakat dengan melibatkan unsur-unsur terkait maupun lembaga-lembaga yang ada di Desa

 –       Berusaha memberikan informasi tentang program-program kegiatan yang akan dilaksanakan  oleh Pemerintah Desa kepada warga masyarakat.

Pembangunan Aparatur Pemerintahan

Upaya peningkatan kapasitas dan kemampuan aparat desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai tugas pelayanan terus dilakukan dengan cara optimalisasi peran dan fungsi mereka, baik melalui pelatihan maupun study banding.

Ada standarisasi atau tolak ukur yang harus menjadi acuan dalam melaksanakan tugas dan fungsi aparat desa antara lain :

  1. Tufoksi berjalan sesuai bidang masing-masing
  2. Rencana program harus jelas, terukur dan berkelanjutan
  3. Adanya pelayanan yang cepat dan memuaskan
  4. Adanya pendelegasian wewenang secara jelas dan bertanggung jawab
  5. Adanya pengawasan dan monitoring terhadap jalannya pemerintahan desa.
  6. Evaluasi secara teratur terhadap kinerja aparat desa.
  7. Monitoring Penyelenggaraan Pendataan Penduduk dan Pembenahan Profil Desa
  8. Sosialisasi Masalah Pentingnya Memiliki KK dan KTP
  9. Melaksanakan evaluasi dan koordinasi mingguan dan bulanan terhadap kinerja perangkat desa.

Bidang Kesehatan

Selama ini Pemerintah Desa bekerjasama dengan Puskesmas dan PLKB yang manfaatnya masih dirasakan hingga saat ini, program kesehatan yang sudah sekian lama berjalan di antaranya adalah pelayanan Posyandu bagi Balita dan Lansia di setiap Dusun, dan upaya pencegahan Stunting terhadap ibu dan bayi hal ini dlakukan bersama Pihak terkait secara berkelanjutan setiap bulan dan diatur secara bergiliran dimasing – masing Dusun, mengingat kesehatan masyarakat merupakan ujung tombak bagi perkembangan desa ke depan.

Bidang Pertanian

Melakukan kerjasama dengan BP3K Kecamatan, PPL Pertanian yang membina semua Kelompok Tani di Desa Kumbang selain itu adanya kerjasama dengan PPL Pertanian dan Instansi terkait dalam upaya pengadaan bibit padi unggul yang diharapkan bisa menopang perekonomian masyarakat. Faktor pendukung utama juga dibidang pengairan dengan membangun sarana irigasi bersumber dari APBDes ataupun dengan pihak-pihak lain dalam mengupayakan pembangunan sarana irigasi yang baik untuk mempermudah dan memperlancar aliran air bagi para petani khusus di wilayah subak Kumbang.

Pengembangan Kelembagaan

Mendukung dan ikut melaksanakan pembentukan Resapel kepengurusan P3A, kepengurusan BAZIZDES dan Lembaga tehnis lainnya, pengembangan jumlah, Pos Pelayanan Terpadu Kesehatan ( Posyandu ), Pembentukan Karang Taruna, wadah Pemuda lainnya

Pembinaan Karang Taruna dan Olahraga

Pembinaan generasi muda dilaksanakan dengan memberikan motivasi kepada pemuda dan remaja dalam bidang olah raga yang berprestasi. Dalam periode tertentu dilaksanakan event olah raga dari tingkat pemula sampai tingkat nasional, antara lain :

  1. Penyelenggaraan pertandingan Sepak Bola, Badminton Dll
  2. Kegiatan Kepemudaan dan Karang Taruna
  3. Pementasan musik yang bernapaskan agama
  4. Optimalisasi kegiatan remaja masjid
  5. Pembentukan Klub olah raga seperti Batminton, Pingpong, Cepokan dan lain-lain.

Pembinaan Kamtibmas

Dalam pelaksanaan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, Pemerintah desa membentuk Badan Keamanan Desa yang selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan Kapolsek melalui Bhabinkamtibmas, dan Koramil melalui Babinsa Pemuda dan Remaja masjid, dalam melakukan ronda dan pengawasan pada setiap kegiatan. Dalam periode tertentu dilakukan pemeriksaan terhadap beredarnya minuman keras dan narkoba. Kegiatan-kegiatan ini mempunyai dampak yang baik bagi masyarakat, sehingga tercipta suasana yang kondusif dan terkendali.