• 03/10/2022 22:29

Usai Desa Kumbang Ditetapkan Sebagai Calon Desa Anti Korupsi, 41Desa di Padang Pariaman Datang Belajar

Jun 15, 2022

Desa Kumbang Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah salah satu dari 10 desa yang ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai calon Desa anti korupsi 2022.

“Adapun tujuan Program Desa Antikorupsi ialah menyebarluaskan tentang pentingnya membangun integritas dan nilai-nilai antikorupsi kepada pemerintah dan masyarakat desa,” kata Plt Juru Bicara bidang pencegahan KPK, Ipi Maryati Kuding melalui keterangan resminya, Selasa 7 Juni 2022.

Kesepuluh Desa tersebut bakal dijadikan percontohan untuk daerah lainnya.Adapun 10 calon desa antikorupsi tersebut adalah: Desa Pakatto di wilayah Gowa, Sulawesi Selatan. Desa Kamang Hilla di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Desa Cibiru Wetan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Desa Banyubiru di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Desa Kumbang di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Desa Batusoko Barat di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Rencananya, KPK akan mencanangkan bimbingan teknis pembentukan Desa anti korupsi 2022 di Desa Pakatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa 14 Juni 2022 kemarin. Tema yang digagas untuk bimbingan teknis kali ini “Berawal dari Desa Kita Wujudkan Indonesia Bebas dari Korupsi”.

Beberapa pemerintah kabupaten bersama para kepala desanya melakukan studi banding tentang keterbukaan publik, transparansi status sebagai salah satu desa dari sepuluh desa anti korupsi se Indonesia. kunjungan kerja. 

Senin, 6 Juni 2022 Kepala Desa Kumbang M. Taufik menerima tamu dari forum Wali Nagari se Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam rangka Study Kooperative tentang Sistem Informasi Desa ( SID ) dan Keterbukaan Informasi Publik.

Rombongan tersebut tiba dikantor Desa Kumbang pada hari senin 6 Juni 2022 sekitar pukul 16:00 Wita dan diterima langsung oleh Kepala Desa Kumbang beserta perangkat Desa serta unsur masyarakat lainnya.

Kades Kumbang M. Taufik mengatakan Pelayanan Desa yang di Suport oleh PPID sangat luar biasa, PPID dari 2017 mendapat penghargaan keterbukaan Informasi Publik, Jujur dalam melaksanakan tugas-tugas yang diemban.

Desa Kumbang menjadi salah satu Desa yang menjadi Desa Percontohan Desa dari sekian banyak Desa yang terbaik, yang dalam hal ini menjadi salah satu kunjungan kerja dari Desa-desa yang ada di Sumatra Barat khususnya Desa atau Nagari yang ada di Kabupaten Padang Pariaman.

Kegiatan tersebut digelar agar Desa atau Nagari yang ada di Kabupaten Padang Pariaman terinspirasi dari Sistem dan Pelayanan yang di miliki dan dilaksanakan di Kantor Desa Kumbang. Ketua Tim Ichwan Boestami dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebanyak 103 Desa yang hadir, bermaksud untuk bertukar informasi serta belajar dari Desa kumbang. “Dari 103 Nagari yang ada di Kabupaten Padang Pariaman hanya 41 Nagari yang bisa ikut dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Selain wali Nagari (Desa) ikut hadir juga Setda Kabupaten Padang Pariaman dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Padang Pariaman. “Kami sungguh sangat bangga dapat diterima dengan baik di Desa Kumbang, kami sampaikan banya terima kasih kepada Bapak Kepala Desa dan masyarakat Desa yang telah menerima kami dengan hangatnya sehingga rasa capek seharian diperjalanan hilang dengan penerimaan kami ini,” ungkapnya.

”melalui kegiatan ini kami berharap dapat membangkitkan semangat kita mengeksplorasikan potensi yang kita miliki di Desa. Paling tidak punya gambaran perencanaan dalam memanfaatkan teknologi informasi yang dimiliki untuk pelayanan yang optimal,”Imbuhnya. Menurutnya, dengan kegiatan tersebut mampu melakukan promosi digitalisasi menggunakan sosial media secara terencana dan dapat memahami teknologi informasi dengan baik.

Sumber:https://lomboktimur.pikiran-rakyat.com