Desa Kumbang

Kec. Masbagik, Kab. Lombok Timur
Prov. Nusa Tenggara Barat

Loading

Desa Kumbang

Hari Libur Nasional

Hari Buruh Internasional / Pekerja

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik
Info
Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Kumbang Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur

Berita Desa

Minggu, 27 Agustus 2023, organisasi Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) menggelar puncak peringatan Hari Ulang Tahun (Hultah) yang ke 88 di tanah kelahirannya, Pancor, Lombok Timur (Lotim). Ribuan jamaah dan tamu undangan memadati arena Hultah yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Diniyah Islamiyah Darunnahdlatain.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pengurus Besar NWDI, Dr. TGB. H.M. Zainul Majdi, MA mengajak seluruh jemaah untuk membangun kebersamaan. Pada momentum Hultah yang juga tidak berselang lama dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78, TGB mengingatkan untuk menjaga dan membangun Indonesia. Menjaga Indonesia kata Gubernur NTB dua periode ini, juga sama dengan menjaga agama. Indonesia adalah wadah. Indonesia merupakan nikmat sekaligus amanah. Menjaga sesuatu yang dititipkan oleh pendiri bangsa juga menjalankan tuntunan dari Allah.

Pesan ulama yang dituangkan dalam Maqaasyidus Syariah atau tujuan hukum itu adalah menjaga atau memelihara jiwa. Memelihara keturunan dan kehormatan, memelihara akal, memelihara harta. Kelimanya sulit terwujud kalau tak ada wadah. “Wadahnya adalah NKRI,” ungkapnya.

Selanjutnya ditekankan TGB, NWDI sebagai sebuah organisasi berdiri di atas pondasi yang tidak sembarangan. Pegangan NWDI adalah ahlussunnah wal jamaah. NWDI berada satu barisan besar. Bukan barisan sempalan.

NWDI sekarang sudah berusia 88 tahun. Usia yang panjang. Selama 88 tahun ini dirasakan karunia dan berkah Allah. Sama dengan alasan kuat berdirinya NKRI sampai 78 tahun. NWDI yang usianya 10 tahun lebih tua dari negara ini juga berdiri atas berkah dan rahmat Allah. Berkah doa dari semua jemaah yang ikhlas. Doa atas keberkahan inilah kata TBG, menjadi sebab hakiki NWDI bisa sampai berusia 88 tahun.”Semua doa merupakan energi yang membuat NWDI bisa berumur panjang,” sebutnya.   Doa-doa tersebut tertuang dalam hidzib yang dibuat pendiri NWDI, TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid.

TGB juga mengingatkan, keberhasilan NWDI bukan pada banyaknya sekolah. Keberhasilan NWDI bukan pada banyaknya gedung baru yang dibangun. Keberhasilan NWDI, bukan seberapa banyak kepala daerah, kepala sekolah yang dimiliki. Bukan berapa banyak kades. Tapi, keberhasilan NWDI adalah keberhasilan di mana di pelosok desa, pinggir hutan, tengah lautan, di berbagai daerah seluruh Indonesia mengalun sholawat nahdlatain dari kader di seluruh negeri.

Tidak ada gunanya punya banyak Gubernur, banyak Bupati, kepala desa atau kepala sekolah, kalau hidziban tak lagi terdengar. Kebesaran tidak ditentukan oleh banyaknya kader yang duduk di pemerintahan, entitas bisnis dan lain-lain. Tapi keberhasilan NWDI yang hakiki, ketika hidziban yang diajarkan Maulana Syekh diinternalisasi. Bukan hanya pengajian dan lafadz, tapi yang subtansi diaplikasikan dalam hidup dan keseharian. Mudah-mudahan di perayaan Hultah NWDI, yang kembali berkumpul tak saja dari seluruh desa dan dusun di NTB. Akan tetapi, dari kader NWDI dari seluruh Nusantara dan dunia. Datang ke Pancor. Hadir dengan tangan kasar karena bekerja di ladang dan bau matahari. Kulit legam karena bertarung hidup di tengah lautan. Laporkan, meski hidup susah dan berat, hidziban tetap menggema di seantero dunia.

Sementara itu, Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, MSc yang juga Ketua Dewan Pakar NWDI dalam kesempatan tersebut mengatakan setiap ia datang ke acara Hultah NWDI yang selalu menyita perhatiannya. Adalah penampilan orkestra. Kata Gubernur, acara tak akan khidmat dan semarak tanpa ada lantunan orkestra yang indah.

Berangkat dari itu, Gubernur lalu bercerita. Ada seorang anak muda berjalan di sebuah kota. Di tengah perjalannya, sang pemuda merasa sangat terganggu karena mendengar suara tak pernah didengar sebelumnya. Suara memekakkan telinga. Mendengarnya membuat perasaan hati gundah gulana. Karena penasaran, si pemuda mencari sumber suara. Lalu ia menemukan di teras belakang sebuah rumah, ada seorang anak laki-laki yang sedang belajar biola. Karena belajar, suaranya sangat tidak enak. Nada tidak harmonis membuat yang mendengar tidak nyaman. Semenjak saat itu,  setelah mengenal biola dan mendengar biola dia berjanji seumur hidup tidak akan mendengar suara biola lagi.

Keesokan harinya, tiba-tiba anak muda tersebut mendengar suara yang demikian indah. Suara mendayu-dayu membuat perasaannya menyatu dengan bunyian yang ia dengar. Ia pun penasaran dan dia mencari sumber suara dan menemukan seorang perempuan memainkan biola dengan teknik tinggi. Akhirnya dia menyadari, bukan biolanya yang salah. Untuk mahir menjadi seorang maestro, jadi ahli instrumen musik yang pandai butuh waktu. Sehingga di tangan orang yang tepat, biola pun bisa mengeluarkan suara yang demikian indah dan membuat hati menjadi tenang dan syahdu.

Keesokan harinya, ia kembali mendengar kombinasi suara yang tak pernah juga didengarkan sebelumnya. Ketika melihat, ia terperanjat melihat dan mendengar suara dari berbagai alat musik. Tidak saja biola. Dipimpin oleh orang yang piawai sehingga hadirkan simponi yang demikian indah.

Pesan Gubernur itu katanya menjadi sebuah analogi. Dimana NWDI merupakan sebuah orkestra besar. Semestinya, orkestra NWDI ini diisi oleh sang maestro dari beragam yang memainkan alat musik. Jika disatukan dalam sebuah organisasi, dipimpin konduktor yang hebat maka akan menghadirkan simponi yang sangat indah dalam hidup dan kehidupan kita.

Untuk sampai pada maestro tersebut, kata Gubernur kadang-kadang ada fase perlu mendengar suara tidak enak di telinga. Perlu berinteraksi dengan anak-anak yang mengeja abata kehidupan. Orang yang bijaksana akhirnya mengatakan butuh waktu untuk seorang anak, anak cabang organisasi untuk akumulasi begitu banyak kemampuan agar bisa mencapai satu tahap yang indah dalam sebuah orkestra yang hebat.

Pada tubuh NWDI sudah ada yang menjadi kepala sekolah. Kepala sekolah pada level maestro. Sehingga ketika kepala sekolah di NWDI sudah maestro maka akan menghadirkan simponi yang indah. Kader NWDI menjadi kepala desa, menjadi camat, menjadi Bupati, menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur, menjadi komisaris utama di BUMN. Kader NWDI menjadi direksi dari BUMD. Menjadi direktur di sebuah perusahaan atau jadi pengusaha dan lainnya. Maka, kuasai semua bidang. Dengan demikian, ketika berhimpun merayakan ulang tahun hadir simponi yang indah dengan orkestra besar dan meriah.

Ketua Yayasan Pendidikan Hamzanwadi, H. M. Djamaludin sekaligus Penanggung Jawab Hultah NWDI dan Haul ke 26 Maulana Syekh Zainuddin Abdul Madjid mengatakan kerinduan jemaah yang mencintai NWDI sangat dirasakan setiap Hultah NWDI di tanah kelahirannya. Masyarakat Pancor menyiapkan diri menyambut para tamu.

Setiap tahun, acara Hultah di Pancor ini dihadiri oleh para ulama dari Mesir dan negara-negata lainnya yang selalu datang silaturahmi. Kegiatan Hultah NWDI dimulai dengan dibuka secara simbolis pada acara zikrol hauliyah 23 Agustus lalu.  Berbagai kegiatan mengiringi kegiatan. “Ada sekitar 30 lebih kegiatan pra Hultah,” ucapnya.

Acara juga dirangkai dengan workshop penerapan kurikulum merdeka NWDI. Workshop juga masalah stunting. Pawai alegoris sebagai partisipasi jemaah. Disambut antusias seluruh jamaah dari berbagai daerah di Indonesia. Pawai digelar dua kali karena alasan terlalu banyak.

Sumber Foto dan Artikel  : https://www.suarantb.com/

Beri Komentar

CAPTCHA Image

Desa

2.624

LAKI-LAKI

LAKI-LAKI2.624penduduk

2.651

PEREMPUAN

PEREMPUAN2.651penduduk

5.275

TOTAL

TOTAL5.275penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Pemerintah Desa untuk mendapatkan PIN

Pemerintah Desa

Pj Kepala Desa

ROHANI

Sekretaris Desa

HAMDI NASRI, S.PdI

Kasi Pemerintahan

AHMAD JULIANTO

Kaur Keuangan/Bendahara

BQ ISHLAHUL UMMAH

Kasi Pelayanan

NAJRI

Kawil Bangket Daya

MAAD ADENAN

Kawil Sangiang

SABARUDIN

Kawil Batu Empas

SYAMSUL

Kawil Kumbung Selatan

HAERUL ANWAR

Kawil Kumbung Barat

M.SARJONO

Kaur Umum dan Tata Usaha

DEDI SUTRISNO

Kasi Kesra

JUMAHIR AWAL

Kawil Kumbung Timur

SOPIAN HARIADI

Kaur Perencanaan

AHMAD HULAEMI

PERKEMBANGAN PENDUDUK

Bulan Ini

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

4

Orang

Pindah

0

Orang

Bulan Lalu

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

2

Orang

Pindah

0

Orang

LAYANAN SURAT PENGANTAR

Hari Ini

0

Surat

Kemarin

5

Surat

Minggu Ini

5

Surat

Bulan Ini

13

Surat

Bulan Lalu

59

Surat

Tahun Ini

192

Surat

Tahun Lalu

654

Surat

Total

1,136

Surat

JAM KERJA
Hari Masuk Keluar
Senin 07:30:00 16:45:00
Selasa 07:30:00 16:45:00
Rabu 07:30:00 16:45:00
Kamis 07:30:00 16:45:00
Jumat 07:30:00 11:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur
Agenda

Terdahulu

Rapat Lagi

Tgl : 08 Januari 2020 05:58:42
Tempat : Aula Desa
Koordinator :

Terdahulu

Rapat bulanan

Tgl : 09 April 2020 05:59:18
Tempat : Ruang rapat
Koordinator :
Statistik Pengunjung
Hari ini : 63
Kemarin : 186
Total Pengunjung : 77.062
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.238.117.130
Browser : Tidak ditemukan

Transparansi Anggaran

APBDesa 2023 Pelaksanaan

Pendapatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 1.080.632.742,00Rp. 1.643.409.649,00

65.76%

Belanja Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 1.643.960.444,37

0%

Pembiayaan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. -550.794,87

0%

APBDesa 2023 Pendapatan

Hasil Usaha Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 1.155.000,00

0%

Hasil Aset Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 50.000.000,00Rp. 50.000.000,00

100%

Lain-Lain Pendapatan Asli Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 12.000.000,00

0%

Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 733.131.000,00Rp. 1.041.885.000,00

70.37%

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

Realisasi | Anggaran

Rp. 14.400.000,00Rp. 58.193.731,00

24.74%

Alokasi Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 283.101.742,00Rp. 478.964.653,00

59.11%

Bunga Bank

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 1.211.265,00

0%

APBDesa 2023 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 687.035.444,37

0%

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 605.500.000,00

0%

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 126.340.000,00

0%

Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 225.085.000,00

0%
Pemerintah Desa

ROHANI

Pj Kepala Desa

HAMDI NASRI, S.PdI

Sekretaris Desa

AHMAD JULIANTO

Kasi Pemerintahan

BQ ISHLAHUL UMMAH

Kaur Keuangan/Bendahara

NAJRI

Kasi Pelayanan

MAAD ADENAN

Kawil Bangket Daya

SABARUDIN

Kawil Sangiang

SYAMSUL

Kawil Batu Empas

HAERUL ANWAR

Kawil Kumbung Selatan

M.SARJONO

Kawil Kumbung Barat

DEDI SUTRISNO

Kaur Umum dan Tata Usaha

JUMAHIR AWAL

Kasi Kesra

SOPIAN HARIADI

Kawil Kumbung Timur

AHMAD HULAEMI

Kaur Perencanaan